Aryanto, Erwin (2021) Strategi pemasaran pengembangan usaha perspektif etika bisnis islam (Studi Pada Mitra Penyemaian Hely Seedling and Farm, Kampung Sri Sawahan Kecamatan Punggur Kabupaten Lampung Tengah). Undergraduate thesis, IAIN Metro.
PDF
SKRIPSI FULL. Erwin Aryanto.1502040230_compressed.pdf - Other Download (17MB) |
Abstract
Berbisnis untuk mencari rezeki hendaknya sesuai dengan syari'at Islam. Islam menganjurkan umatnya untuk melakukan perlombaan dalam mencari kebaikan. Jika ini dijadikan dasar bisnis maka praktek bisnis harus menjalankan aktivitas persaingan yang sehat. Hely Seedling and Farm adalah UMKM yag bergerak, dibidang pertanian khususnya dalam hal pembibitan. Sebagai upaya pengembangan usaha tentunya Hely Seedling and Farm memerlukan strategi pemasaran yang tepat. Strategi pemasaran dalam pengembangan usaha yang dilakukan oleh Hely Seedling and Farm seharusnya sesuai dengan etika bisnis Islam. Sebab itulah peneliti tertarik untuk mengadakan penelitian yang berjudul· Strategi Pe1nasaran Pengembangan Usaha Perspektif Etika Bisnis Islam (Studi Pada Mitra Penyemaian Hely Seedling And Farm, Kampung Sri Sawahan Kec.Punggur Kab. Lampung Tengah)".
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan strategi pemasaran pengembangan usaha perspektif etika bisnis Islam pada mitra Penyemaian Hely Seedling And Farm. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan dan bersifat deskriptif kualitatif. Sumber data yang peneliti gunakan adalah sumber data primer dan sumber data sekunder. Sumber data primer dalam penelitian ini terdiri dari pendiri sekaligus pemilik UMKM Hely Seedling and Fann, kepala desa Sri Sawahan, dan empat orang petani pengguna produk Hely Seedling And Farm. Adapun sumber data sekunder didapat dari buku-buku penunjang. Untuk mengumpulkan data peneliti menggunakan metode wawancara clan dokumentasi. Teknik pengumpulan data dengan metode dokumentasi, penelitian ini menggunakan analisis deskriptif kualitatif dan dianalisa menggunakan cara berpikir induktif.
Strategi pemasaran yang dilakukan Hely Seedling and Farm dengan menggunakan. empat strategj yaitu strategi produk, strategi harga, strategi tempat dan strategi promosi sudah tepat dalam penerapannya, tidak melanggar prinsip-prinsip etika bisnis Islam. Strategi yang dilakukan oleh Hely Seedling and Fann sudah sesuai dengan prinsip Etika Bisnis Islam seperti keadilan, menjaga kualitas produk, mengikuti perkembangan zaman, jujur, khiyar, bermanfaat bagi orang banyak, ikhlas dan tulus, amanah, ikhtiar, terbuka, serta tidak mengandung unsur Riba.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Ekonomi Syariah |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ekonomi Syariah |
Depositing User: | Syarif Mahendra . |
Date Deposited: | 08 Oct 2021 06:42 |
Last Modified: | 08 Oct 2021 06:42 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/4587 |
Actions (login required)
View Item |