Kholifah, Umi (2021) Peran Guru Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadist Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Siswa Kelas VII MTs Ma’arif 1 Bumi Mulya Way Kanan. Undergraduate thesis, IAIN Metro.
PDF
SKRIPSI UMI KHOLIFAH - 1701010255 - PAI.pdf - Other Download (1MB) |
Abstract
Peran guru Al-Qur’an Hadist dalam pembelajaran membaca Al-Qur’an sangatlah penting bagi peserta didik. Sebagai tugas dan tanggung jawab seorang pembimbing harus mengetahui karakter peserta didik. Berkenaan dengan ini peran guru Al-Qur’an Hadist merupakan lembaga pertama yang mengajarkan, mencontohkan dan membinaan bagi peserta didik dalam membaca Al-Qur’an. Membaca Al-Qur’an adalah suatu ibadah yang sangatlah jarang di baca oleh anak- anak pada zaman sekarang, karena di jaman modern sekarang ini anak-anak lebih memilih untuk membaca/bermain handphone daripada untuk membaca Al- Qur’an.
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui dan mendeskripsikan apa peran guru dalam meningkatkan kemampuan siswa ketika membaca Al-Qur’an, (2) Untuk mengetahui dan mendeskripsikan bagaimana kemampuan siswa dalam membaca Al-Qur’an.
Jenis penelitian ini bersifat kualitatif lapangan yang menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi.
Faktor yang mempengaruhi kemampuan membaca Al-Qur’an siswa yaitu faktor pendukung dan faktor penghambat. Faktor pendukung peran guru Al- Qur’an Hadist dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an yaitu orang tua dan guru Al-Qur’an Hadist. Sedangkan faktor penghambat peran guru Al- Qur’an Hadist dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an siswa yaitu media elektronik dan lingkungan sekitar.
Peran guru Al-Qur’an Hadist dapat diimplementasikan pembelajaran dikelas maupun diluar kelas. Peran guru membimbing dan mengarahkan siswanya ketika membaca Al-Qur’an. Peran yang dilakukan oleh guru Al-Qur’an Hadis dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an siswa kelas VII MTs Ma’arif 1 Bumi Mulya, telah berjalan dengan baik dan bisa dikatakan telah berhasil dalam menjalankan program-program baru. Hal ini terbukti bahwa sebagian besar siswa (85%) sudah mampu membaca Al-Qur’an dengan baik dan benar seperti: mengetahui huruf-huruf hijaiyah, mampu membedakan panjang pedneknya susatu bacaan, dan pelajaran ilmu tajwid lainnya, serta sedikit demi sedikit mereka mengamalkannya.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Agama Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Siti Ma'ani IAIN Metro |
Date Deposited: | 04 Oct 2021 08:26 |
Last Modified: | 04 Oct 2021 08:26 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/4596 |
Actions (login required)
View Item |