Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Implementasi Sertifikasi dalam Peningkatan Kinerja Guru di Madrasah Ibtidaiyah Kota Metro

Romlah, Siti (2018) Implementasi Sertifikasi dalam Peningkatan Kinerja Guru di Madrasah Ibtidaiyah Kota Metro. Masters thesis, IAIN Metro.

[img]
Preview
PDF
TESIS IBU SITI ROMLAH.pdf - Other

Download (3MB) | Preview

Abstract

Guru merupakan salah satu faktor penentu tinggi rendahnya mutu hasil pendidikan. Keberhasilan penyelenggara pendidikan sangat ditentukan oleh sejauh mana kesiapan guru dalam mempersiapkan peserta didiknya melalui kegiatan belajar mengajar. Namun demikian, posisi strategis guru untuk meningkatkan mutu hasil pendidikan sangat dipengaruhi oleh kinerja guru dalam mengajar dan tingkat kesejahteraannya. sertifikasi guru merupakan upaya pemerintah untuk mengidentifikasikan guru berkualitas. Guru berkualitas yang terbukti dari hasil sertifikasi dijadikan dasar untuk memberikan tunjangan profesi. Guru yang memperoleh tunjangan profesi dikategorikan sebagai guru profesional. Hal ini yang akan membedakan kinerja guru yang bersertifikasi dan yang belum bersertifikasi. sertifikasi guru adalah untuk mendapatkan guru yang baik dan profesional, yang memiliki kompetensi untuk melaksanakan fungsi dan tujuan sekolah khususnya, serta tujuan pendidikan pada umumnya.

Penelitian ini bertujuan mengambarkan dan menjelaskan: 1 Implementasi sertifikasi dalam meningkatkan kinerja guru di Madrasah Ibtidaiyah Kota Metro, 2 Dampak implementasi sertifikasi pada Kinerja guru di Madrasah Ibtidaiyah Kota Metro. 3. Kendala yang dihadapi dalam implementasi sertifikasi guna meningkatan kinerja guru di Madrasah Ibtidaiyah Kota Metro, dan masalah yang dalam penyelengaraan sertifikasi.

Jenis penelitian adalah penelitian lapangan sebuah penelitian dengan prosedur penelitian yang menggali data dari lapangan. Sifat penelitian ini deskriptif yaitu penelitian yang semata-mata menggambarkan keadaan suatu objek. Sumber data dalam penelitian ini terbagi menjadi dua macam, yaitu sumber primer dan sumber sekunder. Teknik pengumpulan datanya dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Pengujian keabsahan data dengan tri angulasi. Analisis data dengan reduksi data, penyajian data penarikan kesimpulan dan verifikasi.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa. 1) Persiapan yang dilakukan oleh madrasah antara lain: persiapan sarana prasarana material berupa buku diktat, Metode pembelajaran yang digunakan guru tersertifikasi evaluasi pembelajaran atau penilaian yang dilakukan oleh guru tersertifikasi, 2) Dampak implementasi sertifikasi pada kinerja guru, dampak positifnya seperti: motivasi mengajar guru meningkat, guru lebih variatif dan kreatif dalam metode mengajar, meningkatkan kesejahteraan guru, peningkatan kinerja guru. Dampak negatifnya antara lain: guru yang belum tersertifikasi kurang jam mengajar, kecemburuan sosial dikalangan lingkungan masyarakat khususnya antara guru dan staf di Madrasah. 3) Kendala implementasi sertifikasi guna meningkatan kinerja guru di Madrasah Ibtidaiyah Kota Metro, sarana prasarana madrasah yang masih terbatas, keaktifan siswa kurang, guru tersertifikasi kekurangan jam mengajar.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Pascasarjana
Divisions: Pascasarjana > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Aan Gufroni .
Date Deposited: 06 Jan 2020 02:17
Last Modified: 06 Jan 2020 02:25
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/460

Actions (login required)

View Item View Item