Nur’aini, Lina (2021) Pengaruh Penerapan Kantong Plastik Berbayar Terhadap Minat Pembelian Konsumen Perspektif Ekonomi Islam (Studi Kasus Alfamart Desa Terbanggi Mulya Kecamatan Bandar Mataram Lampung Tengah). Undergraduate thesis, IAIN Metro.
PDF
SKRIPSI LINA NUR'AINI - 1502040164 - ESy.pdf - Other Download (4MB) |
Abstract
Perilaku konsumen adalah tindakan-tindakan individu yang secara langsung terlibat dalam usaha usaha memperoleh dan menggunakan barang-barang dan jasa ekonomis, termasuk proses pengamnbilan keputusan yang mendahului dan menentukan tindakan-tindakan tersebut. Kelangsungan hidup suatu perusahaan sangat dipengaruhi oleh adanya peran konsumen, sehingga masalah konsumen mendapat perhatian khusus, dan perusahaan berusaha untuk dapat mencapai dan memuaskan konsumen. Perilaku konsumen dipengaruhi oleh beberapa faktor baik faktor internal mau pun eksternal, yang keduanya sangat berpengaruh pada konsumen dalam melakukan pembelian suatu produk. Ekonomi Islam merupakan ekonomi yang beretika, di dalam Islam yang ditekankan adalah pada prinsip dan etika yaitu harus adanya keadilan dan tidak saling merugikan satu sama lain. Berdasarkan hal tersebut, penelitian ini bertujuan untuk menganalilis pengarruh penerapan kantong plastik berbayar terhadap minat pembelian konsumen perspektif ekonomi Islam di Alfamart desa Terbanggi Mulya Kecamatan Bandar Mataram Lampung Tengah.
Penelitian yang dilakukan adalah penelitian lapangan yang menghimpun data kualitatif. Dan sifat penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, sumber data yang digunakan yaitu sumber data primer maupun data sekunder. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data wawancara dan dokumentasi. Wawancara dilakukan kepada kasir dan konsumen Alfamart Desa Terbanggi Mulya Kecamatan Bandar Mataram Lampung Tengah.
Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh maka dapat disimpulkan bahwa mengenai pengaruh penerapan kantong plastik berbayar terhadap minat pembelian konsumen perspektif ekonomi Islam yaitu dengan adanya kebijakan kantong plastik berbayar maka tidak sepenuhnya mengurangi minat konsumen untuk berbelanja di Alfamart karena konsumen telah mendapatkan pelayanan yang memuaskan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Ekonomi Syariah |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ekonomi Syariah |
Depositing User: | Siti Ma'ani IAIN Metro |
Date Deposited: | 08 Oct 2021 06:52 |
Last Modified: | 08 Oct 2021 06:52 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/4605 |
Actions (login required)
View Item |