Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) Dengan Pendekatan Saintifik Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Kelas VIII SMPN 4 Abung Timur Kabupaten Lampung Utara

Wati, Ade Kurnia (2021) Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) Dengan Pendekatan Saintifik Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Kelas VIII SMPN 4 Abung Timur Kabupaten Lampung Utara. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
SKRIPSI ADE KURNIA WATI - 1701040001 - TPM.pdf - Other

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan rendahnya kemampuan komunikasi dalam mata pelajaran matematika, dimana dalam menyelesaikan soal siswa belum mampu menyajikannya ke dalam bentuk komunikasi matematis berupa mengekspresikan ide-ide, menggunakan istilah dan notasi serta mengevaluasi masalah matematika secara sistematis. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui kemampuan komunikasi matematis siswa yang menggunakan Model Problem Based Learning (PBL) dengan pendekatan saintifik dengan siswa yang menggunakan model pembelajaran konvensional pada kelas VIII SMPN 4 Abung Timur Tahun Ajaran 2020/2021.

Metode penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen dengan Posttest Only Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas VIII SMPN 4 Abung Timur yang terdiri dari tiga kelas. Pengambilan sampel yang digunakan adalah simple random sampling dan terpilih siswa kelas VIIIA sebagai kelas kontrol dan kelas VIIIC sebagai kelas eksperimen. Instrumen yang digunakan untuk mengetahui kemampuan komunikasi matematis siswa adalah hasil tes (Posttest) sebanyak 5 butir soal setelah pemberian perlakuan pembelajaran. Data tes yang terkumpul dianalisis menggunakan analisis statistik uji perbedaan rata-rata yaitu analisis uji-t.

Berdasarkan hasil analisis data kemampuan komunikasi matematis siswa pada hasil uji hipotesis menggunakan uji perbedaan rata-rata diperoleh nilai , nilai dan nilai Asymp. Sig sebesar 0,000 < 0,05. Karena maka ditolak, artinya terdapat perbedaan rata-rata kemampuan komunikasi matematis siswa yang memperoleh pembelajaran Model Problem Based Learning (PBL) dengan Pendekatan Saintifik dibandingkan siswa yang memperoleh model pembelajaran konvensional.

Kata Kunci : Problem Based Learning (PBL), Saintifik, Konvensional, Kemampuan Komunikasi Matematis

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Tadris Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Tadris Matematika
Depositing User: Siti Ma'ani IAIN Metro
Date Deposited: 08 Oct 2021 06:53
Last Modified: 08 Oct 2021 06:53
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/4608

Actions (login required)

View Item View Item