Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Pengaruh Gaya Kepemimpinan dan Supervisi Akademik Kepala Madrasah terhadap Kinerja Guru Madrasah Ibtidaiyah di Lampung Timur tahun 2017/2018

Sumarmi, . (2018) Pengaruh Gaya Kepemimpinan dan Supervisi Akademik Kepala Madrasah terhadap Kinerja Guru Madrasah Ibtidaiyah di Lampung Timur tahun 2017/2018. Masters thesis, IAIN Metro.

[img]
Preview
PDF
TESIS SUMARMI NPM. 1606131.pdf - Other

Download (2MB) | Preview

Abstract

Gaya Kepemimpinan dan supervisi akademik Kepala Madrasah adalah diantara komponen yang mempengaruhi kinerja guru. Guru sebagai agen perubahan yang berhadapan langsung dengan peserta didik sangat menentukan keberhasilan kualitas pendidikan. Permasalahan dalam penelitian ini adalah (1) Apakah ada pengaruh yang signifikan gaya kepemimpinan terhadap kinerja guru. (2) Apakah ada pengaruh yang signifikan Supervisi akademik Kepala Madrasah terhadap kinerja Guru. (3) Apakah ada pengaruh yang signifikan gaya kepemimpinan dan supervisi akademik Kepala Madrasah terhadap kinerja Guru Madrasah Ibtidaiyah Lampung Timur.

Penelitian ini bertujuan mengungkapkan pengaruh gaya kepemimpinan dan supervisi akademik Kepala Madrasah terhadap kinerja Guru Madrasah Ibtidaiyah Lampung Timur. Hipotesis yang diajukan adalah Ada pengaruh yang signifikan antara gaya kepemimpinan dan supervisi akademik Kepala Madrasah terhadap kinerja Guru baik secara sendiri-sendiri maupun bersama-sama.

Penelitian ini didesain kuantitatif dengan populasi penelitian Guru Madrasah Ibtidaiyah Lampung Timur berjumlah 322 guru. Teknik pengumpulan datanya menggunakan angket ( Kuesioner ), observasi, wawancara dan dokumentasi. Sampel dalam penelitian ini dilakukan dengan teknik sampel area, teknik analisa data yang digunakan adalah uji normalitas, homogenitas dan linieritas regresi linier berganda.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Terdapat pengaruh antara gaya kepemimpinan terhadap kinerja guru Madrasah Ibtidaiyah sebesar 45,459 %. (2) Terdapat pengaruh supervisi akademik kepala madrasah terhadap kinerja guru Madrasah Ibtidaiyah sebesar 55,056 %. (3) Adapun pengaruh gaya kepemimpinan dan Supervisi akademik Kapala Madrasah terhadap Kinerja Guru Madrasah Ibtidaiyah Lampung Timur sebesar 38,890 %. Penelitian ini menemukan bahwa kedua variable predictor yang diteliti baik secara sendiri-sendiri maupun bersamasama memberikan kontribusi yang penting terhadap kinerja guru, oleh karena itu kedua predictor ini perlu diperhatikan untuk meningkaatkan kinerja guru.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Pascasarjana
Divisions: Pascasarjana > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Aan Gufroni .
Date Deposited: 06 Jan 2020 02:24
Last Modified: 06 Jan 2020 02:24
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/461

Actions (login required)

View Item View Item