Nurryana, Apriani (2020) Peran Guru Dalam Membentuk Perilaku Sosial Anak (Studi Kasus di TK Purna SP-3 Suka Agung Kabupaten Way Kanan). Undergraduate thesis, IAIN Metro.
PDF
SKRIPSI APRIANI NURRYANA -1601030032 - PIAUD.pdf - Other Download (3MB) |
Abstract
Dalam perkembangan perilaku sosial anak, semenjak usia mereka menginjak usia 4-5 tahun, anak-anak mungkin mulai menyadari perbedaan perspektif mereka dengan orang lain, keterampilan memahami perspektif orang lain semacam itu akan membantu mereka untuk merespon dengan baik seseorang dengan tujuan terpeliharanya hubungan sosial yang harmonis atau positif. Dengan demikian, perkembangan sosial anak dapat diartikan sebagai suatu kepekaan pada diri anak untuk memahami perasaan orang lain ketika berinteraksi. Berdasarkan hasil dari pra survey yang dilakukan oleh Peneliti pada tanggal 12 April 2020 di TK Purna melalui wawancara kepada kepala sekolah, dewan guru, serta orang tua murid, masih ditemukan banyak anak didik yang perkembangan sosialnya belum berkembang dengan baik. Terlihat dalam pencapaian indikator, dari jumlah total 16 anak, dapat peneliti simpulkan bahwa ada 10 anak yang belum berkembang, 4 anak mulai berkembang, dan 2 anak yang sudah berkembang sesuai harapan. Berdasarkan bukti bukti tersebut, maka dapat diketahui bahwa para siswa di TK Purna masih perlu mendapatkan pendidikan lebih intens, terutama dalam lingkungan sekolah. Pendidikan yang dimaksud adalah pendidikan dalam bersosial, yakni bertujuan untuk mengembangkan perilaku sosial pada anak. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana upaya pembentukan perilaku sosial anak di TK Purna Sarjana Pembangunan 3 Desa Suka Agung Kecamatan Buay Bahuga 2020/2021. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan upaya pembentukan perilaku sosial di TK Purna Sarjana Pembangunan 3 Desa Suka Agung Kecamatan Buay Bahuga 2020/2021.
Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif lapangan yang mengambil lokasi di TK Purna Sarjana Pembangunan 3. Sumber data yang digunakan adalah sumber data primer dan sumber data sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik penjamin keabsahan data yang digunakan adalah triangulasi sumber dan teknik. Kemudian teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Berdasarkan analisis di lapangan, maka diketahui bahwa upaya yang dilakukan TK Purna dalam pembentukan perilaku sosial anak antara lain sebagai berikut: 1) Peningkatan Minat Belajar, 2) Penanaman sikap dan perilaku sportif, 3) Menanamkan Nilai Kejujuran, Mandiri, dan Cinta Damai.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Islam Anak Usia Dini |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini |
Depositing User: | Siti Ma'ani IAIN Metro |
Date Deposited: | 08 Oct 2021 06:53 |
Last Modified: | 08 Oct 2021 06:53 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/4616 |
Actions (login required)
View Item |