Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan Minat Nasabah Pada Produk Gadai di BPRS Metro Madani Kota Metro

Saputra, Yogi Tansri (2021) Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan Minat Nasabah Pada Produk Gadai di BPRS Metro Madani Kota Metro. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
SKRIPSI YOGI TANSRI SAPUTRA -141275510- S1 PBS.pdf - Other

Download (4MB)

Abstract

Pembiayaan gadai emas di BPRS adalah pembiayaan yang nasabah lakukan dengan tujuan berinvestasi dengan membeli emas secara diangsur atau dicicil dengan menggunakan akad Rahn. Usaha jasa gadai emas yang dilakukan oleh BPRS Metro Madani Kota Metro menjadi tantangan persaingan dengan perbankan lainnya, tujuan BPRS untuk mendapatkan nasabah baru serta mencegah nasabah berpindah kepada jasa gadai lainnya.

Pertanyaan penelitian adalah strategi pemasaran apa yang diterapkan dalam meningkatkan minat nasabah pada Produk Gadai di BPRS Metro Madani Kota Metro. Tujuan penelitian untuk mengetahui strategi pemasaran dalam meningkatkan minat nasabah pada Produk Gadai di BPRS Metro Madani Kota Metro. Manfaat Penelitian secara teori bauran pemasaran yang baik, tepat dan tidak bertentangan dengan nilai syariah dan secara praktis diharapkan dapat berguna dalam pengambilan keputusan berdasarkan informasi yang diperoleh untuk merencanakan suatu bauran pemasaran yang baru dan meningkatkan minat nasabah BPRS Metro Madani Kota Metro khususnya pada produk gadai emas.

Jenis penelitian lapangan (field research) dan sifat penelitian menggunakan pendekatan deskriptif. Sumber data primer adalah penaksir emas dan marketing di BPRS Metro Madani Kota Metro. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan teknik analisis data secara induktif.

Berdasarkan hasil analisa data dapat disimpulkan bahwa Strategi pemasaran produk gadai syariah dalam upaya meningkatkan minat nasabah pada PT BPRS Metro Madani dilakukan dengan metode bauran pemasaran (marketing mix) yakni dengan menggunakan 4P yaitu Place (tempat), Product (produk), Price (harga), Promotion (promosi) dan Place (tempat) dilakukan dengan pemilihan tempat pemasaran yakni lektak kantor dan pemasaran yang strategis. Product (produk) dilakukan dengan menawkan produk berdasarkan syariat islam yang terbebas dari riba. Price (harga) dilakukan dengan harga sesuai standar harga emas (SHE). Promotion (promosi) dilakukan dengan melakukan promosi yang bervariasi yaitu pnyebaran brosur, spanduk dan getok tular.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Perbankan Syariah
Depositing User: Siti Ma'ani IAIN Metro
Date Deposited: 08 Oct 2021 06:53
Last Modified: 08 Oct 2021 06:53
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/4618

Actions (login required)

View Item View Item