Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Pengaruh Kinerja Marketing Terhadap Kepuasan dan Loyalitas Anggota di BMT Assyafi’iyah Berkah Nasional Raman Utara Lampung Timur

Nariana, Ridha (2021) Pengaruh Kinerja Marketing Terhadap Kepuasan dan Loyalitas Anggota di BMT Assyafi’iyah Berkah Nasional Raman Utara Lampung Timur. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
Skripsi Ridha Nariana - 1602100059 - S1 PBS.pdf - Other

Download (3MB)

Abstract

Faktor penting untuk memperoleh kepuasan nasabah adalah dengan menjalin hubungan yang baik antara marketing dan nasabah. Jika marketing dapat menyelesaikan pelayanan dari nasabah dengan baik, maka akan meningkatkan nilai kepuasan dimata nasabah tersebut. sebagaimana nasabah yang merupakan salah satu indikator keberhasilan maju atau tidaknya sebuah lembaga keuangan. Namun seringkali lembaga keuangan masih saja mengabaikan untuk memberikan pelayanan prima yang dapat memuaskan nasabahnya dan dapat meningkatkan loyalitas dari nasabah. Karena dalam hal ini lembaga keuangan harus lebih aktif dan agresif dalam memahami kepuasan konsumen serta menjaga loyalitas nasabah agar nasabah tidak meninggalkan lembaga keuangan dan berpindah ke lembaga keuangan lain kerena ketidak puasan atas pelayanan. Dalam penelitian ini peneliti ingin membahas bagaimana pengaruh dari kinerja marketing terhadap kepuasan dan loyalitas nasabah.

Rancangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif. Rancangan kuantitatif bertujuan untuk menguji teori, membangun fakta, menunjukkan hubungan antar variabel, memberikan deskripsi statistik, menaksir dan meramalkan hasilnya. Dalam penelitian ini menggunakan metode kuisioner atau angket yang disebarkan pada 35 responden, dan metode observasi langsung ke BMT Assyafi`iyah Berkah Nasional Raman Utara Lampung Timur. Adapun teknik anasisis yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Uji Validitas, Uji Reliabilitas, Uji Normalitas Data, Uji Multikolinieritas, Uji Heteroskedastisitas, Uji Regresi Linier Berganda, Uji t (Parsial), Uji F (Simultan), dan Koefesiensi Determinasi (R2 ).

Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel kinerja marketing berpengaruh terhadap kepuasan anggota yaitu nilai thitung 2.416 > ttabel 1, 988. Dan untuk variabel kinerja marketing menunjukkan bahwa adanya pengaruh terhadap loyalitas dengan hasil nilai thitung 1.282 > ttabel 1, 988. Untuk pengujian secara simultan hasil menunjukkan nilai Fhitung 36.643 > Ftabel 4, 87. Yang artinya kinerja marketing mempengaruhi loyalitas anggota di BMT Assyafi`iyah Berkah Nasional Raman Utara Lampung Timur. Dengan persentase berpengaruh sebesar 67,7% dan 32,3% dipengaruhi oleh variabel lain diluar penelitian. Dan hasil dari regresi linier bergada diperoleh model persamaan regresi sebagai berikut: X= 4.629 + 1,241 Y1+ 0, 040 Y2 + e. Maka dapat dinyatakan H0 ditolak dan Ha diterima, yang artinya kinerja marketing yang baik akan menciptakan nilai kepuasan dan loyalitas nasabah pada BMT Assyafi`iyah Berkah Nasional Raman Utara Lampung Timur.

Kata kunci: Kinerja Marketing, Kepuasan Anggota, dan Loyalitas Anggota.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Perbankan Syariah
Depositing User: Siti Ma'ani IAIN Metro
Date Deposited: 08 Oct 2021 06:53
Last Modified: 08 Oct 2021 06:53
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/4619

Actions (login required)

View Item View Item