Al Hidayah, Dedi Junaidi (2018) Implementasi Model Pembelajaran Discovery Learning dalam Peningkatan Hasil Belajar Mata Pelajaran Fiqih Di MTs Al-Hidayah Tunggul Pawenang Kecamatan Adiluwih Kabupaten Pringsewu. Masters thesis, IAIN Metro.
|
PDF
Dedi Junaidi Al Hidayah 1605871.pdf - Other Download (2MB) | Preview |
Abstract
Pendidikan sebagai kegiatan yang berlangsung sepanjang zaman dalam segala situasi kehidupan. Tingkat lingkungan hidup yang kemudian mendorong pertumbuhan segala potensi yang ada di dalam diri individu. Hasil belajar Mata Pelajaran Fiqih pada peserta didik merupakan sasaran dan tolak ukur keberhasilan proses pembelajaran. Ini dapat dilihat pada langkah evaluasi pembelajaran setiap mata pelajaran. sedangkan model pembelajaran Discovery Learning adalah nama lain dari pembelajaran penemuan. Model ini mengarahkan peserta didik untuk dapat menemukan sesuatu melalui proses yang dilakoninya, Namun, dalam proses pembelajaran Fiqih dengan model pembelajaran Discovery Learning, bahwa model tersebut sangat tepat digunakan dalam mata pelajaran Fiqih, utamanya untuk menanamkan pemahaman agama terhadap peserta didik.
Penulisan ini bertujuan mendeskripsikan: 1) Bagaimana implementasi model pembelajaran Discovery Learning dalam peningkatan hasil belajar mata pelajaran Fiqih di MTs Al-Hidayah Tunggul Pawenang Kecamatan Adiluwih Kabupaten Pringsewu? 2) Apa saja kelebihan dan kekurangan implementasi model pembelajaran Discovery Learning dalam peningkatan hasil belajar mata pelajaran Fiqih di MTs Al-Hidayah Tunggul Pawenang Kecamatan Adiluwih?
Jenis Penulisan ini adalah Penulisan lapangan yaitu Penulisan yang pengumpulan datanya dilakukan di lapangan. Sifat Penulisan ini deskriptif yaitu Penulisan yang semata-mata menggambarkan keadaan suatu objek. Sumber data dalam Penulisan ini terbagi menjadi dua macam, yaitu sumber primer dan sumber sekunder. Informan adalah objek penting dalam sebuah Penulisan. Teknik pengumpulan datanya dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Pengujian keabsahan data dengan triangulasi. Sedangkan analisis data dengan reduksi data, penyajian data penarikan kesimpulan dan verifikasi.
Hasil Penulisan menunjukkan bahwa .1) Implementasi model pembelajaran Discovery Learning pada hasil belajar mata pelajaran Fiqih, dapat dilihat dari tiga komponen, yaitu komponen input, proses dan output pembelajaran. Pertama, komponen input atau persiapan pembelajaran terdiri dari silabus pembelajaran, rencana pelaksanaan pembelajaran, tujuan pembelajaran, metode pembelajaran dan media, untuk model pembelajaran Discovery Learning tersebut, 2) Kelebihan dan kekurangan yang mempengaruhi aktivitas pembelajaran di kelas. Pertama, dilihat dari segi kelebihannya yang meliputi; a) Berpusat pada peserta didik dan guru berperan sama-sama aktif mengeluarkan pendapat-pendapat dalam ruangan; b) Meningkatkan kemampuan penalaran peserta didik dan kemampuan berfikir bebas; c) Menimbulkan rasa senang pada peserta didik, praktis, mudah dalam pelaksanaan dan tindak lanjutnya; d) Mendukung kemampuan problem solving peserta didik dan lain sebagainya.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | Pascasarjana |
Divisions: | Pascasarjana > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Aan Gufroni . |
Date Deposited: | 06 Jan 2020 02:37 |
Last Modified: | 06 Jan 2020 02:37 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/462 |
Actions (login required)
View Item |