Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Peranan Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Pembentukan Karakter Pada Siswa SMPN 2 Batanghari Lampung Timur Tahun Pelajaran 2020/2021

Thohir, Muhamad (2021) Peranan Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Pembentukan Karakter Pada Siswa SMPN 2 Batanghari Lampung Timur Tahun Pelajaran 2020/2021. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
SKRIPSI MUHAMAD THOHIR NPM 1501010084 - PAI.pdf - Other

Download (3MB)

Abstract

Pembentukan karakter erat kaitannya dengan pendidikan moral dan agama. Dalam hal ini, guru PAI dapat berperan dalam pembentukan karakter siswa, mengingat keterkaitan materi PAI dengan akhlak dan moral. Peranan guru PAI dalam pembentukan karakter siswa dapat diimplementsasikan dalam bentuk pembelajaran di kelas, dan di luar kelas. Dalam pembelajaran di kelas, guru PAI dapat mengajarkan materi PAI dan menghubungkannya dengan ajaran akhlak dan moral dalam Islam.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis peranan guru pendidikan agama Islam dalam pembentukan karakter pada siswa SMPN 2 Batanghari Lampung Timur tahun pelajaran 2020/2021. Alat pengumpulan data menggunakan wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis data kualitatif berdasarkan teori Miles and Hubermean yang terdiri dari tiga tahapan, yaitu data reduction, data display dan conclusion/verivication.

Hasil penelitian menunjukan bahwa peranan guru pendidikan agama Islam dalam pembentukan karakter religius, jujur, dan disiplin pada peserta didik SMPN 2 Batanghari Lampung Timur dilakukan melalui penanaman nilai-nilai karakter Islam melalui penyampaian materi, pemberian motivasi, pembiasaan praktik keagamaan dan kerja sama dengan orang tua peserta didik dalam pengawasan dan bimbingan. Guru mengajak peserta didik berdiskusi, dan tanya jawab tentang manfaat jujur dan disiplin dalam kehidupan pribadi dan masyarakat, serta dampaknya bagi kehidupan masayarakat secara luas. Guru juga mengingatkan agar karakter jujur dan disiplin tidak hanya dipelajari, tetapi juga dipraktikkan dalam kehidupan sehari-hari, baik dalam lingkungan keluarga, maupun masyarakat. Pembiasaan praktik keagamaan yang mendukung pembentukan karakter sebelum pembelajaran adanya covid-19 di SMPN 2 Batanghari dilakukan melalui kegiatan ekstrakurikulur keagamaan, Baca Tulis Al-Quran (BTQ), ceramah agama, dan peringatan hari besar Islam. Sebelum pembelajaran dimulai peserta didik dan guru membaca doa bersama. Begitu pula setelah selesai pelajaran, sebelum peserta didik pulang membaca doa bersama. Dalam penyampaian materi guru meyampaikan materi yang berkaitan dasar-dasar ajaran Islam. Praktik keagamaan di sekolah juga dikuatkan dengan kegiatan shalat Dhuha, sholat Dzuhur berjama’ah, dan pesantren kilat.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Siti Ma'ani IAIN Metro
Date Deposited: 08 Oct 2021 06:54
Last Modified: 08 Oct 2021 06:54
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/4637

Actions (login required)

View Item View Item