Nurviana, Vika (2021) Pengaruh alat peraga matematika terhadap peningkatakan hasil belajar siswa kelas III MIN 1 Metro. Undergraduate thesis, IAIN Metro.
PDF
SKRIPSI VIKA NURVIANA_1701050091 - Vika Nurviana.pdf - Other Download (5MB) |
Abstract
Siswa memiliki kendala yang berbeda pada materi pelajaran di setiap proses pembelajaran, salah satu contohnya adalah pelajaran matematika. Pembelajaran matematika sampai saat ini dikenal dengan mata pelajaran yang sulit dan membosankan. Bahkan tidak adanya motivasi membuat siswa tidak bersemangat dalam mengikuti pembelajaran, padahal matematika sangat penting untuk siswa dalam kehidupan sehari-hari. Selain masalah tersebut, ketertarikan siswa dalam bidang studi matematika juga tergolong rendah. Dapat dilihat dari
nilai hasil belajar matematika siswa yang masih banyak berada di bawah KKM (Kriteria Ketuntasan Minimum) yang telah ditetapkan. Pada fase usia 7-11tahun penalaran anak berada di fase operasional konkret sedangkan matematika bersifat abstrak. Agar siswa yang bernalar konkret dapat memahami matematika yang bersifat abstrak maka dalam proses pembelajaran dapat dibantu dengan menggunakan alat peraga sebagai aplikasi dari benda yang konkret.
Berdasarkan permasalahan di atas peneliti tertarik untuk melakukan penelitian dengan menggunakan alat peraga matematika untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas III MIN 1 Metro. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh alat peraga matematika terhadap peningkatan hasil belajar siswa kelas III MIN 1 Metro.
Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan metode Quasy Eksperimental dan peneliti memilih desain penelitian bentuk Pretest Posttest Control Group Design. Lokasi penelitian ini bertempat di MIN 1 Metro. Pengambilan kelas eksperimen dan kelas kontrol menggunakan teknik simple random sampling. Kelas III A sebagai kelas kontrol menggunakan pembelajaran konvesional dan kelas III B sebagai kelas eksperimen menggunakan alat peraga matematika. Teknik pengmpulan data menggunakan metode tes, observasi dan dokumentasi. Instrumen penelitian menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji tingkat kesukaran butir soal dan uji daya pembeda. Menggunakan teknik analisis data berupa uji prasyarat analisis yaitu uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis.
Hasil uji hipotesis yang dilakukan dengan menggunakan uji t test, mendapatkan thitung adalah 4,365 dengan ttabel adalah 1,706 sehingga dapat ditulis thitung > ttabel (4,365 > 1,706) yang dapat diartikan Ha diterima dan H0 ditolak. Berdasarkan perhitungan, dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan antara pembelajaran matematika dengan menggunakan alat peraga dengan pembelajaran matematika yang tidak menggunakan alat peraga. Maka hasil penelitian ini menunjukkan bahwa adanya pengaruh yang signifikan pada pengaruh alat peraga matematika terhadap peningkatan hasil belajar siswa kelas III MIN 1 Metro.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Syarif Mahendra . |
Date Deposited: | 12 Oct 2021 04:12 |
Last Modified: | 12 Oct 2021 04:12 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/4659 |
Actions (login required)
View Item |