Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Metode Pembelajaran Rumpun Pendidikan Agama Islam dalam Penanaman Nilai-nilai Kebangsaan Peserta Didik MTs. Al Mubarok Uman Agung Bandar Mataram Lampung Tengah

Bunayar, . (2018) Metode Pembelajaran Rumpun Pendidikan Agama Islam dalam Penanaman Nilai-nilai Kebangsaan Peserta Didik MTs. Al Mubarok Uman Agung Bandar Mataram Lampung Tengah. Masters thesis, IAIN Metro.

[img]
Preview
PDF
TESIS BUNAYAR (1605491).pdf - Other

Download (19MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah : (1) Untuk mendeskripsikan metode pembelajaran rumpun pendidikan agama Islam dalam penanaman nilai kebangsaan (2) Untuk Mendeskripsikan faktor pendukung dalam penanaman nilai-nilai kebangsaan (3) Untuk mendeskripsikan hambatan dalam penanaman nilai-nilai kebangsaan.

Masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana penerapan metode pembelajaran rumpun pendidikan agama Islam dalam penanaman nilai-nilai kebangsaan (2) Apa faktor pendukung dalam penanaman nilai-nilai kebangsaan dan (3) apa saja hambatan dalam penanaman nilai kebangsaan.

Penelitian ini mengunakan metode deskriptif kualitatif, dengan menggunakan strategi studi kasus tunggal terpancang, sumber data dari informan atau narasumber serta dokumen dan arsip. Pengambilan informan menggunakan teknik purposive. teknik pengumpulan data dalam penelitian ini terdiri observasi langsung, wawancara mendalam dan dokumentasi.

Hasil penelitian metode pembelajaran rumpun pendidikan agama Islam dalam penanaman nilai-nilai kebangsaan yaitu adalah metode Pembiasaan karena merupakan upaya praktis dalam pendidikan dan pembinaan anak. Hasil dari pembiasaan yang dilakukan seorang pendidik adalah terciptanya suatu kebiasaan bagi anak didiknya. Seorang anak yang terbiasa mengamalkan nilai-nilai ajaran Islam lebih dapat diharapkan dalam kehidupannya nanti akan menjadi seorang yang peduli akan bangsa, ras,agama, dan tetap dapat menjaga keutuhan NKRI serta agar menjadi muslim yang saleh.Faktor pendukung yang sangat menentukan pelaksanaan pendidikan nilai-nilai kebangsaan melalui rumpun pendidikan agama Islam di MTs Al Mubarok Uman Ugung adalah pendidik, peserta didik, dan terakhir adalah keluarga. Hambatan yang timbul adalah perbedaan latar belakang peserta didik kurangnya dukungan orang tua, kurangnya kerjasama guru serta kurangnya minat dan kesadaran siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Pascasarjana
Divisions: Pascasarjana > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Aan Gufroni .
Date Deposited: 06 Jan 2020 03:08
Last Modified: 06 Jan 2020 03:08
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/466

Actions (login required)

View Item View Item