Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Implementasi Model Pembelajaran Online Terhadap Hasil Belajar Matematika MIN 3 Metro

Wanti, Astika Berliana (2021) Implementasi Model Pembelajaran Online Terhadap Hasil Belajar Matematika MIN 3 Metro. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
ASTIKA BERLIANA WANTI - Astika Berliana.pdf - Other

Download (2MB)

Abstract

Adanya wabah covid-19 mengakibatkan terjadinya pelaksanaan
pembelajaran matematika di MIN 3 menjadi pembelajaran secara online, dimana siswa diharuskan melakukan pembelajaran dengan media sosial (WhatsApp). Berbagai pemasalahan belajar yang dialami oleh guru, siswa dan orangtua seperti persiapan yang kurang untuk melakukan pembelajaran. Maka peneliti tertarik untuk melakukan penelitian dengan judul implementasi model pembelajaran online terhadap hasil belajar matematika di MIN 3 Metro.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana implementasi model pembelajaran online, bagaimana tingkat kesiapan guru dalam menyelenggarakan pembelajaran online, bagaimana tingkat kesiapan siswa dalam pembelajaran online, bagaimana kesiapan orang tua dalam mendampingi anak selama
pembelajaran online dan bagaimana hasil belajar khususnya dalam mata pelajaran Matematika di MIN 3 Metro. Jenis penelitian ini adalah termasuk dalam penelitian kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini meliputi sumber primer yaitu hasil wawancara guru, orang tua dan siswa kelas IIb MIN 3 Metro, dan sumber sekunder yang dapat berupa foto-foto, profil sekolah dan lain-lain. Pengumpulan data ini dilakukan dengan mengadakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pertama model pembelajaran adalah proses belajar mengajar yang dilakukan dengan bantuan jaringan internet. Kedua, tingkat kesiapan guru dalam penyelenggaraan pembelajaran online di MIN 3 Metro cukup siap. Dilihat bagaimana guru mengerti maksud dari pembelajaran online. Ketiga, tingkat kesiapan siswa dan orangtua dalam pembelajaran online adalah sudah cukup siap, dengan siswa dan orangtua yang sudah mempersiapkan
fasilitas yang mendukung diadakan pembelajaran online seperti handphone beserta kuota internet. Keempat, hasil belajar siswa selama pembelajaran online adalah untuk mata pelajaran matematika siswa memperoleh hasil belajar yang tinggi dengan seluruh siswa memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimal.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Syarif Mahendra .
Date Deposited: 12 Oct 2021 04:11
Last Modified: 12 Oct 2021 04:11
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/4660

Actions (login required)

View Item View Item