Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Pengaruh pembelajaran kooperatif tipe nht terhadap hasil belajar matematika siswa kelas IV SDIT AL-Muhsin Metro

Nurviani, Viki (2021) Pengaruh pembelajaran kooperatif tipe nht terhadap hasil belajar matematika siswa kelas IV SDIT AL-Muhsin Metro. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
VIKI NURVIANI_SKRIPSI - Viki Nurviani.pdf - Other

Download (2MB)

Abstract

Kegiatan belajar adalah kegiatan pokok dalam keseluruhan kegiatan pendidikan di sekolah. dalam proses belajar mengajar metode merupakan salah satu faktor dalam menentukan keberhasilan belajar peserta didik. salah satu metode pembelajaran yang menarik adalah metode pembelajaran kooperatif tipe Numberred Heads Together (NHT) karena merupakan metode pembelajaran yang di dalamnya memberikan kemudahan bagi peserta didik untuk berinteraksi satu dengan lainnya. selama ini guru kelas IV di SDIT Al-Muhsin Metro menggunakan metode konvensional, namun dengan menggunakan metode tersebut masih banyak siswa yang cenderung tidak memperhatikan guru karena bermain dan mengobrol, sehingga hasil belajarnya masih banyak yang belum mencapai KKM. Untuk itu peneliti tertarik untuk melakukan penelitian dengan menggunakan metode pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT).

Tujuan peneliti melakukan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan metode pembelajaran Kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) terhadap hasil belajar Matematika kelas IV SDIT Al-Muhsin. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan jenis eksperimen yang digunakan adalah Quasy Eksperimental. Lokasi penelitian ini adalah bertempat di SDIT Al-Muhsin Metro. Teknik Pengumpulan data menggunakan metode tes, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang dilakukan menggunakan Uji Prasyarat Analisis (Uji normalitas dan uji Homogenitas) dan Uji Hipotesis.

Hasil penelitian dengan menggunakan metode pembelajaran Kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) dapat diketahuo bahwa nilai rata-rata hasil belajar siswa pada kelas eksperimen 85.38 sedangkan nilai rata-rata hasil belajar siswa pada kelas kontrol 68.46 sehingga nilai rata-rata hasil belajar siswa pada kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan nilai rata-rata kelas kontol. terdapat pengaruh yang signifikan antara pembelajaran Kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) terhadap hasil belajar matematika siswa yang dapat dilihat dari hasil perhitungan uji-t dengan nilai thitung>ttabel (4,621>2,178) dengan demikian maka Ha diterima, yang artinya ada pengaruh pembelajaran Kooperatif Tipe NHT terhadap hasil belajar matematika Siswa Kelas IV SD IT Al-Muhsin Metro Tahun Ajaran 2020/2021.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Syarif Mahendra .
Date Deposited: 08 Oct 2021 06:58
Last Modified: 08 Oct 2021 06:58
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/4661

Actions (login required)

View Item View Item