Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Penggunaan alat peraga untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep materi bangun datar pada siswa kelas III SD Negeri 2 Taman Fajar

Pratiwi, Desi (2021) Penggunaan alat peraga untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep materi bangun datar pada siswa kelas III SD Negeri 2 Taman Fajar. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
DESI PRATIWI. - Desi Pratiwi.pdf - Other

Download (4MB)

Abstract

Masih banyaknya siswa yang kesulitan memahami konsep matematika. Dimana saat guru memberikan penjelasan materi, masih banyak siswa yang kesulitan dalam memahami materi yang telah diberikan. Karena pembelajaran yang guru lakukan belum efektif, dan siswa masih terlihat pasif, masih ada siswa yang mengobrol dengan teman atau mengganggu teman lainnya, serta masih rendahnya nilai siswa dan kurangnya penggunaan alat peraga dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematika materi bangun datar pada siswa kelas III SD Negeri 2 Taman Fajar.

Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Penelitian Tindak Kelas (PTK), yang dilaksankan di kelas III SD Negeri 2 Taman Fajar dengan jumlah siswa sebanyak 14 orang. Tindakan yang dilakukan dengan menerapkan alat peraga yaitu papan berpaku dalam pembelajaran matematika materi bangun datar. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus.

Berdasarkan hasil yang diperoleh selama penelitian tindakan kelas, menunjukan bahwa adanya peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematika materi bangun datar dengan penggunaan alat peraga papan berpaku. Hal tersebut ditunjukkan dengan nilai rata-rata kelas dari pra siklus ke siklus 1 yaitu dari 44 naik menjadi 45, dan dari siklus 1 ke siklus 2 yaitu dari 45 naik menjadi 73. Selain itu dari hasil observasi menunjukkan bahwa dengan menggunakan alat peraga papan berpaku sangat membantu dalam proses pembelajaran matematika, karena guru lebih mudah dalam menyajikan materi, sehingga siswa pun lebih mudah dalam memahami materi yang telah diberikan, serta suasana kelas menjadi lebih menyenangkan sehingga siswa menjadi lebih aktif.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Syarif Mahendra .
Date Deposited: 08 Oct 2021 06:55
Last Modified: 08 Oct 2021 06:55
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/4662

Actions (login required)

View Item View Item