Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Komunikasi Persuasif Dai Dalam Menanamkan Nilai Keislaman di Majelis Taklim Desa Bangun Sari Kecamatan Banjit Kabupaten Waykanan

Nurfadila, Dede (2021) Komunikasi Persuasif Dai Dalam Menanamkan Nilai Keislaman di Majelis Taklim Desa Bangun Sari Kecamatan Banjit Kabupaten Waykanan. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
SKRIPSI Dede Nurfadila NPM 1703060043 - KPI.pdf - Other

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh komunikasi persuasif dai dalam menanamkan nilai keislaman di majelis taklim, pada umumnya masyarakat sangatlah awam tentang nilai keislaman karena sebelum adanya majelis taklim masyarakat tidak ada yang membimbing atau mengajak masyarakat untuk mengetahaui nilai keislaman seperti tata cara berpakaian sebagai orang muslimah seperti memakai jilbab. Dengan tidak adanya dai masyarakat menjadi tidak mengetahui tata cara berpakaian sebagai umat muslimah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk 1) mengetahui komunikasi persuasif dai dalam meningkatkan nilai keislaman di majelis taklim Desa Bangun Sari. 2) mengetahui apa dampak dari komunikasi persuasif dai kepada ibu-ibu di majelis taklim Desa Bangun Sari.

Penelitian ini menggunakan metode penelitian lapangan (field research) yang bersifat deskriptif. Sumber data dalam penelitian ini yaitu sumber data primer dan sumber data sekunder. Adapun data primer yaitu diperoleh dari lima orang responden dan data sekundernya yaitu berupa buku-buku dan jurnal untuk mendukung teori. Sedangkan metode pengumpulan data penelitian ini menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Penjaminan keabsahan data menggunakan triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan kesimpulan verifikasi.

Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa Komunikasi persuasif dai untuk meningkatkan nilai keislaman di Majelis Taklim Desa Bangun Sari Kecamatan Banjit Kabupaten Waykanan, yakni dengan cara bertatap muka langsung dengan mad’u dan memberikan wawasan kepada mad’u tentang tata cara berpakaian sebagai seorang muslimah agar selalu mematuhi kewajibannya selain itu juga dai menyelipkan sedikit humor dalam setiap penyampaian materi agar jamaah tidak mudah mengantuk. Dampak komunikasi persuasif dai kepada para ibu di Majelis Taklim Desa Bangun Sari yaitu adanya perubahan menjadi lebih baik lagi, hal ini tampak pada perubahan para ibu-ibu dalam beraktifitas sehari-harinya yang tadinya tidak memakai jilbab sekarang sudah memakai jilbab dan yang tadinya tidak mengetahui arti jilbab, manfaat jilbab, hukum jilbab sekarang sudah mengetahuinnya.

Kata kunci: komunikasi persuasif, nilai keislaman,

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Komunikasi dan Penyiaran Islam
Divisions: Fakultas Adab dan Dakwah > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Siti Ma'ani IAIN Metro
Date Deposited: 12 Oct 2021 04:07
Last Modified: 12 Oct 2021 04:07
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/4663

Actions (login required)

View Item View Item