Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Hubungan Interaksi Edukatif dan Motivasi Belajar dengan Hasil Belajar Aqidah Akhlak Siswa MTs Ma’arif I Punggur Kabupaten Lampung Tengah

Salim, Agus (2018) Hubungan Interaksi Edukatif dan Motivasi Belajar dengan Hasil Belajar Aqidah Akhlak Siswa MTs Ma’arif I Punggur Kabupaten Lampung Tengah. Masters thesis, IAIN Metro.

[img]
Preview
PDF
TESIA PAK AGUS SALIM PDF.pdf - Other

Download (3MB) | Preview

Abstract

Ketuntasan belajar merupakan penguasaan atau hasil belajar siswa secara penuh terhadap seluruh bahan yang dipelajari. Ketuntasan hasil belajar yang masih rendah memberikan gambaran bahwa proses pembelajaran kurang berhasil. Tingkat ketuntasan hasil belajar aqidah akhlak baru mencapai 68,57 % belum dikatakan tinggi karena ketuntasan yang diharapkan pemerintah dan madrasah adalah 75 %.

Masalah penelitian: 1) Seberapa besar tingkat signifikansi antara interaksi edukatif dengan hasil belajar aqidah akhlak MTs Ma’arif I Punggur Lampung Tengah?, 2) Seberapa besar tingkat signifikansi antara motivasi belajar dengan hasil belajar aqidah akhlak MTs Ma’arif I Punggur Lampung Tengah?, 3) Seberapa besar tingkat signifikansi antara interaksi edukatif dan motivasi belajar secara bersama-sama dengan hasil belajar aqidah akhlak MTs Ma’arif I Punggur Lampung Tengah?.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar tingkat signifikansi antara X1 (interaksi edukatif) dan X2 (motivasi belajar) terhadap Y (hasil belajar) baik secara bersama-sama maupun sendiri-sendiri berkontribusi terhadap hasil belajar. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif jenis korelasional expost facto. Adapun populasi penelitian ini adalah siswa-siswi MTs Ma’arif I Punggur yang berjumlah: 175 orang. Peneliti menggunakan sample sebanyak 35 orang, menggunakan cluster random sampling. Metode pengumpul data menggunakan kuesioner dan dokumentasi. Alat ukur diuji menggunakan validitas dan realibitas. Uji prasyarat menggunakan uji normalitas, homogenitas dan uji linieritas. Pengujian hipotesis dengan regresi linier sederhana dan regresi linier multiple.

Berdasarkan hasil temuan penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa : 1) Terdapat hubungan positif dan signifikan antara interaksi edukatif dengan hasil belajar aqidah akhlak dengan tingkat koefisien korelasi 0,667 dan hubungan sebesar 57 %, 2) Terdapat hubungan positif dan signifikan antara motivasi belajar dengan hasil belajar aqidah akhlak dengan tingkat koefisien korelasi 0,693 dan hubungan sebesar 57 %,, 3) Terdapat hubungan positif dan signifikan antara interaksi edukatif dan motivasi belajar secara bersama-sama dengan hasil belajar aqidah akhlak dengan tingkat koefisien korelasi 0,7825 dan hubungan sebesar 78 %.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Pascasarjana
Divisions: Pascasarjana > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Aan Gufroni .
Date Deposited: 06 Jan 2020 03:13
Last Modified: 06 Jan 2020 03:13
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/467

Actions (login required)

View Item View Item