Sanjaya, Ari Budiman (2021) Penguatan Budaya Lokal Melalui Pemasaran Kain Tirai Nurun Khas Lampung di Desa Kedaton Satu Kecamatan Batanghari Nuban Kabupaten Lampung Timur. Undergraduate thesis, IAIN Metro.
PDF
SKRIPSI ARI BUDIMAN SANJAYA 1502040126 - ESy.pdf - Other Download (2MB) |
Abstract
Budaya lokal (juga sering disebut budaya daerah) merupakan istilah yang biasanya digunakan untuk membedakan suatu budaya dari budaya nasional (Indonesia) dan budaya global. Budaya lokal adalah budaya yang dimiliki oleh masyarakat yang menempati lokalitas atau daerah tertentu yang berbeda dari budaya yang dimiliki oleh masyarakat yang berada di tempat yang lain. Salah satu kebudayaan yang patut dilestarikan oleh masyarakat Lampung yaitu mengenai Kain Tirai Nurun. Kain Tirai Nurun adalah kain khas Lampung yang digunakan ketika acara pernikahan atau pengambilan gadis Lampung yang kainnya dihias di dinding rumah.
Desa Kedaton Satu adalah salah satu desa yang memiliki pengrajin tirai nurun. Perkembangan zaman yang ditandai dengan masuknya kebudayaan asing membuat kebudayaan daerah semakin tersisihkan. Masuknya kebudayaan asing akan menimbulkan perubahan pola hidup masyarakat yang lebih modern dan akan mengakibatkan erosi nilai-nilai budaya. Untuk mengatasi hal tersebut dan untuk mengenalkan kebudayaan Kain Tirai Nurun khas Lampung tentu diperlukan suatu pemasaran. Strategi pemasaran harus dilakukan dengan efektif sehingga penjualan dapat meningkat. Kegiatan pemasaran umumnya memfokuskan diri pada produk, penetapan harga, kebijakan ditribusi, dan cara promosi yang dalam hal ini dikenal sebagai bauran pemasaran.
Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) dengan metode pengumpulan data menggunakan wawancara dan dokumentasi serta teknik analisis data kualitatif dengan menggunakan metode berfikir induktif. Yaitu pengambilan kesimpulan dimulai dari pertanyaan atau fakta-fakta khusus menuju pada kesimpulan yang bersifat umum. Data dan fakta hasil pengamatan lapangan disusun, diolah, dikaji kemudian ditarik kesimpulan yang bersifat umum.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penguatan budaya lokal didesa kedaton satu melalui pemasaran kain tirai nurun guna mempertahankan salah satu budaya khas lampung agar tetap terjaga kearipan lokalnya sudah cukup baik. Pengrajin kain tirai nurun memasarkan kain khas lampung (tirai nurun) dengan berbagai strategi pemasaran yang dilakukan adalah dengan memilih mangsa pasar yang tepat,kualitas produk, distribusi dan promosi.
Kata Kunci : Penguatan budaya lokal, pemasaran
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Ekonomi Syariah |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ekonomi Syariah |
Depositing User: | Siti Ma'ani IAIN Metro |
Date Deposited: | 12 Oct 2021 04:08 |
Last Modified: | 12 Oct 2021 04:08 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/4670 |
Actions (login required)
View Item |