Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Analisis Strategi Promosi dan Pengembangan Obyek Wisata Untuk Meningkatkan Jumlah Pengunjung di Wisata Air Terjun Anglo Desa Gunung Rejo

Awaluddin, Ridho (2021) Analisis Strategi Promosi dan Pengembangan Obyek Wisata Untuk Meningkatkan Jumlah Pengunjung di Wisata Air Terjun Anglo Desa Gunung Rejo. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
SKRIPSI RIDHO AWALUDIN - 1602040140 - ESy.pdf - Other

Download (4MB)

Abstract

Suatu usaha seperti wisata agar laku dijual kepada masyarakat atau mendatangkan pengunjung maka masyarakat harus tahu kehadiran wisata tersebut berikut manfaatnya, harga, di mana dapat diperoleh, dan kelebihan usaha dibandingkan pesaing. Cara untuk memberitahukan kepada masyarakat adalah melalui sarana promosi. Promosi merupakan suatu ungkapan dalam arti luas tentang kegiatan-kegiatan yang secara aktif dilakukan oleh penjual, atau dalam pariwisata adalah pengelola untuk mendorong pelanggan menggunakan produk yang ditawarkan, atau dalam pariwisata mengunjungi suatu obyek wisata. Pengembangan obyek wisata merupakan sebuah keharusan bagi sebuah tempat wisata agar wisata tersebut dapat lebih terkenal di masyarakat. Sebuah destinasi dapat dikatakan akan melakukan pengembangan wisata jika sebelumnya sudah ada aktivitas wisata. Untuk dapat meningkatkan potensi pariwisatanya, yang perlu dilakukan adalah merencanakan pengembangan wisata agar dapat lebih baik dari sebelumnya.

Penelitian ini bertujuan mengetahui strategi promosi dan pengembangan obyek wisata untuk meningkatkan jumlah pengunjung di wisata Air Terjun Anglo Desa Gunung Rejo. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research). Sedangkan sifat penelitiannya bersifat deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik wawancara dan dokumentasi. Data hasil temuan digambarkan secara deskriptif dan dianalisis menggunakan cara berpikir induktif.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi promosi untuk meningkatkan jumlah pengunjung di wisata Air Terjun Anglo Desa Gunung Rejo dilakukan dengan periklanan, penjualan personal (personal selling), promosi penjualan, hubungan masyarakat, dan pemasaran langsung. Sedangkan strategi pengembangan untuk meningkatkan jumlah pengunjung di wisata Air Terjun Anglo Desa Gunung Rejo dilakukan dengan pertama, pengelola mengajukan proposal kepada Dinas Kepemudaaan Olahraga dan Pariwisata Kabupaten Pesawaran untuk menjalin kerjasama secara langsung dalam proses pengembangan wisata. Kedua, strategi pengembangan dilakukan dengan pembenahan pelayanan dari segi keamanan. Ketiga, strategi pengembangan dilakukan dengan pemeliharaan pelayanan dari segi keamanan. Pada tahun 2021, pengunjung di Air Terjun Anglo lebih banyak dibandingkan dengan tahun 2020. Meningkatnya pengunjung di Air Terjun Anglo dipengaruhi oleh strategi promosi yang dilakukan oleh pengelola.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ekonomi Syariah
Depositing User: Siti Ma'ani IAIN Metro
Date Deposited: 12 Oct 2021 04:07
Last Modified: 12 Oct 2021 04:07
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/4673

Actions (login required)

View Item View Item