Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Pengaruh Kompetensi Pedagogik Guru Fiqih dan Motivasi Kerja Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Fiqih Peserta Didik di Madrasah Aliyah Se-Kabupaten Lampung Timur

Nurdin, Muhammad (2018) Pengaruh Kompetensi Pedagogik Guru Fiqih dan Motivasi Kerja Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Fiqih Peserta Didik di Madrasah Aliyah Se-Kabupaten Lampung Timur. Masters thesis, IAIN Metro.

[img]
Preview
PDF
1. Cover Tesis ok.pdf - Other

Download (6MB) | Preview

Abstract

Kompetensi pedagogik guru Fiqih adalah merancang pembelajaran, termasuk kepentingan pembelajaran kemampuan mengenai pemahaman peserta didik secara mendalam. Motivasi kerja adalah sesuatu yang dapat menimbulkan semangat atau dorongan bekerja individu atau kelompok terhadap pekerjaan guna mencapai tujuan. Hasil belajar adalah hasil penilaian dari kegiatan belajar yang telah dilakukan dan merupakan bentuk perumusan akhir yang diberikan oleh guru atau dosen untuk melihat sampai kemampuan peserta didik atau mahasiswa yang dinyatakan dalam bentuk simbul, angka, huruf maupun kalimat.

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) Adakah pengaruh positif dan signifikan antara kompetensi pedagogik guru Fiqih terhadap hasil belajar hasil belajar Fiqih di Madrasah Aliyah Se-Kabupaten Lampung Timur. 2 Adakah pengaruh antara motivasi kerja guru terhadap hasil belajar Fiqih di Madrasah Aliyah Se-Kabupaten Lampung Timur. 3). Adakah pengaruh antara kompetensi pedagogik guru Fiqih dan motivasi kerja guru terhadap hasil belajar Fiqih di Madrasah Aliyah Se-Kabupaten Lampung Timur.

Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode survei pendekatan asosiatif. populasi dalam penelitian ini adalah seluruh Madrasah Aliyah Se-Kabupaten Lampung Timur, jumlah guru Fiqih 38. Pengumpulan data dilakukan dengan penyebaran kuesioner yang disebarkan guru di Madrasah Aliyah Se-Kabupaten Lampung Timur yang telah ditapkan semua populasi penelitian. Pengujian hipotesis dilakukan dengan analisis regresi linear sederhana dan analisis regresi ganda. Uji F dan uji T dilakukan terhadap hasil penelitian dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh variabel independen terhadap variabel dependen pada tingkat kepercayaan 95% (α = 0,05).

Hasil penelitian yang telah dilakukan adalah: 1) Terdapat pengaruh variable kompetensi pedagogik guru Fiqih terhadap hasil belajar Fiqih di Madrasah Aliyah Se-Kabupaten Lampung Timur. Hal ini di tunjukan oleh nilai thitung (0,634) > t-tabel dengan 38 = 38 1% = 0,376 dengan tingkat signifikan 0,000 pada t-tabel, sehingga variable kompetensi pedagogik guru Fiqih terhadap hasil belajar Fiqih di Madrasah Aliyah Se-Kabupaten Lampung Timur terhadap pengaruh yang signifikan. 2) Terdapat pengaruh motivasi kerja guru terhadap hasil belajar Fiqih di Madrasah Aliyah Se-Kabupaten Lampung Timur. Hal ini di tunjukan oleh nilai t-hitung (0,430) > t-tabel dengan N = 38 tingkat kepercayaan 1% = 0,376 dengan tingkat signifikan, 3) Terdapat pengaruh kompetensi pedagogik guru Fiqih dan motivasi kerja guru terhadap hasil belajar Fiqih di Madrasah Aliyah Se-Kabupaten Lampung Timur. Hal ini ditunjukan oleh nilai t-hitung (1,402) > t-tabel dengan N = 38 tingkat kepercayaan 5% = 0,291 , dan tingkat kepercayaan 1% = 0,376 dengan tingkat signifikan

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Pascasarjana
Divisions: Pascasarjana > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Aan Gufroni .
Date Deposited: 06 Jan 2020 03:19
Last Modified: 06 Jan 2020 03:19
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/468

Actions (login required)

View Item View Item