Fitriani, Anis (2021) Meningkatkan Perkembangan Motorik Halus Anak Melalui Media Plastisin di TK Aisyiyah Bustanul Athfal Tempuran Trimurjo. Undergraduate thesis, IAIN Metro.
PDF
SKRIPSI ANIS FITRIANI - 1501030026 - PIAUD.pdf - Other Download (5MB) |
Abstract
Setiap anak dilahirkan dengan membawa potensinya masing-masing, anak adalah manusia kecil yang memiliki potensi yang harus dikembangkan. Anak memiliki karakteristik tertentu yang khas dan tidak sama dengan orang dewasa, mereka selalu aktif, dinamis, antusias dan ingin tahu apa yang dilihat, dirasakan dan tak pernah berhenti bereksplorasi dalam belajar. Media merupakan alat bantu yang digunakan untuk menunjang pelaksanaan proses pembelajaran . melalui media dapat memperoleh pengetahuan yang dapat mengembangkan kemampuan diri. Media Plastisin merupakan salah satu media konstruksi yang bermanfaat untuk anak. plastisin terdiri dari berbagai warna yang di sukai oleh anak-anak.
Berdasarkan hasil prasurvey menunjukkan bahwa terdapat banyak anak di TK Aisyiyah Bustanul Athfal Tempuran Trimurjo yang perkembangan motorik halusnya belum berkembang sangat baik.
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan perkembangan motorik halus anak melalui media plastisin di TK Aisyiyah Bustanul Athfal Tempuran Trimurjo. Metode penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan dua siklus dan pada setiap siklusnya dilaksanakan tiga kali pertemuan. Subjek penelitian ini adalah 16 anak TK Aisyiyah Bustanul Athfal Tempuran Trimurjo, yang terdiri dari 9 anak laki-laki dan 7 anak perempuan. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan secara kualitatif. Peningkatan perkembangan motorik halus dikatakan berhasil apabila 11 dari 16 jumlah anak mampu mencapai kriteria perkembangan Berkembang Sangat Baik (BSB) dengan presentase 69%.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa media plastisin dapat meningkatkan perkembangan motorik halus anak. Sebelum dilakukan tindakan belum ada anak yang berkembang sangat baik. Setelah adanya tindakan pada siklus I, perkembangan motorik halus anak meningkat sebanyak 4 anak dengan presentase 25%, dan pada silus II meningkat hingga 11 anak dengan presentase 69% kriteria berkembang sangat baik (BSB). Dalam penggunaan media plastisin, guru mengenalkan cara membentuk plastisin dan mencetak plastisin selanjutnya anak dapat mencoba mempraktikkannya, dengan teman-temanya.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Islam Anak Usia Dini |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini |
Depositing User: | Siti Ma'ani IAIN Metro |
Date Deposited: | 12 Oct 2021 04:06 |
Last Modified: | 12 Oct 2021 04:06 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/4680 |
Actions (login required)
View Item |