Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Peran Media Digital Terhadap Pengembangan Ekonomi Kreatif Mahasiswa IAIN METRO (Studi Kasus Mahasiswa Ekonomi Syari’ah Angkatan 2016)

Hasanuddin, Muhammad (2021) Peran Media Digital Terhadap Pengembangan Ekonomi Kreatif Mahasiswa IAIN METRO (Studi Kasus Mahasiswa Ekonomi Syari’ah Angkatan 2016). Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
SKRIPSI Muhammad Hasanuddin -1602040121 - ESy.pdf - Other

Download (1MB)

Abstract

Ekonomi kreatif memiliki peranan yang penting dalam rangka pembangunan serta peningkatan perekonomian suatu negara.Perkembangan ekonomi kreatif juga mampu meningkatkan pendapatan mahasiswa dan masyarakat umum lainnya, dengan membuka lapangan pekerjaan serta membuka peluang usaha kecil menegah untuk meningkatkan ekonomi mereka.

Dalam penelitian ini peneliti akan mengkaji tentang Peran Media Digital Terhadap Pengembangan Ekonomi Kreatif Mahasiswa IAIN Metro. Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu ingin mengetahui seperti apa peran yang ditimbulkan dari adanya media digital terhadap perekonomian mahasiswa IAIN Metro khususnya untuk mahasiswa ekonomi syariah angkatan 2016. Dalam penelitian ini, peneliti berusaha mengumpulkan sumber-sumber yang relevan sebagai dasar penelitian yaitu dengan menggunakan metode wawancara dan dokumentasi. Sesuai dengan penelitian yang bersifat deskriptif kualitatif yakni suatu penelitian yang memfokuskan pada penelitian lapangan (Field Research). Dalam pengambilan sample wawancara, peneliti menggunakan teknik sampling yaitu Purposive Sampling, dimana peneliti dalam menentukan informan dengan melakukan pertimbangan tertentu yang dianggap mewakili objek dan dianggap relevan.

Berdasarkan hasil penelitian yang peneliti lakukan, peneliti menyajikan analisis data yang diperoleh melalui penelitian lapangan bahwa peran adanya media digital untuk pengembangan ekonomi kreatif (1) peningkatan kreatifitas untuk setiap pelaku usaha (2) Aspek penemuan, untuk memfokuskan kepada penciptaan sesuatu yang baru yang berbeda dari yang sudah ada (3) Media digital sebagai media pendukung untuk pengembangan kreatifitas, gagasan serta ide untuk mempermudah pelaku memulai usaha.

Kata Kunci : Peran Media Digital; Perekonomian Masyarakat; Ekonomi Syariah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ekonomi Syariah
Depositing User: Siti Ma'ani IAIN Metro
Date Deposited: 02 Nov 2021 07:16
Last Modified: 02 Nov 2021 07:16
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/4684

Actions (login required)

View Item View Item