Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Strategi Pembelajaran Guru Fiqh Dalam Meningkatkan Pemahaman Siswa Kelas XII Pada Masa Pandemi Covid-19 di MA Miftahul Huda

Sekarsari, Yayi (2021) Strategi Pembelajaran Guru Fiqh Dalam Meningkatkan Pemahaman Siswa Kelas XII Pada Masa Pandemi Covid-19 di MA Miftahul Huda. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
SKRIPSI YAYI SEKARSARI -1601010214 - PAI.pdf - Other

Download (3MB)

Abstract

Strategi pembelajaran adalah seni penggunaan metode pembelajaran pada masa pandemi pembelajaran tetap berlangsung walaupun dengan berbeda strategi seperti pada penelitian ini memiliki masalah seperti bagaimana pemahaman mata pelajaran fiqh siswa kelas XII pada masa pandemi covid-19 di MA Miftahul Huda dan bagaimana strategi guru fiqh dalam meningkatkan pemahaman siswa kelas XII pada masa pandemi covid-19 di MA Miftahul Huda.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Strategi Pembelajaran Guru Fiqh Dalam Meningkatkan Pemahaman Siswa Pada Masa Pandemi Covid-19 dan bagaimana strategi guru fiqh dalam meningkatkan pemahaman siswa kelas XII pada masa pandemi Covid-19 agar siswa-siswi tetap mendapatkan materi pembelajaran seperti biasanya walaupun dengan strategi yang berbeda.

Penelitian ini adalah jenis penelitian kualitatif yang dikumpulkan dengan menggunakan metode wawancara dan dokumentasi. Wawancara dilakukan dengan informan yakni guru mata pelajaran fiqh, kepala sekolah dan waka kurikulum lalu dokumentasi dalam penelitian ini yakni nilai akhir mata pelajaran fiqh sebelum dan sesudah datangnya pandemi.

Berdasarkan hasil dokumentasi dapat disimpulkan bahwa pembelajaran guru fiqh kelas XII yang memiliki jumlah siswa 38 orang mengalami sedikit penurunan dapat dilihat dari nilai rata-rata akhir semester yang diambil sebelum datangnya pandemi tahun ajaran 2019/2020 memiliki nilai rata-rata 80,66 lalu nilai akhir semester yang diambil pada tahun ajaran 2020/2021 yang memiliki nilai rata-rata 80,14 dari nilai rata-rata tersebut dapat dilihat dengan jelas penurunan namun hanya sedikit akibat banyaknya hambatan-hambatan ketika proses pembelajaran dapat dilihat dari hasil nilai akhir yang sudah diteliti oleh penulis.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Siti Ma'ani IAIN Metro
Date Deposited: 02 Nov 2021 07:23
Last Modified: 02 Nov 2021 07:23
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/4686

Actions (login required)

View Item View Item