Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Peran Asatidz Dalam Pengembangan Sikap Keberagamaan Santri Pada Pondok Pesantren Darun Nasyi’in Bumi Jawa Kabupaten Lampung Timur

Rohmad, . (2021) Peran Asatidz Dalam Pengembangan Sikap Keberagamaan Santri Pada Pondok Pesantren Darun Nasyi’in Bumi Jawa Kabupaten Lampung Timur. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
SKRIPSI ROHMAD 1501010294 - PAI.pdf - Other

Download (3MB)

Abstract

Ustadz mempunyai peranan yang besar dalam dunia pendidikan, terutama dalam pendidikan Islam di pondok pesantren. Untuk mencetak generasi penerus yang cerdas, berkarakter mulia maka untuk itu perlu adanya evaluasi tentang peran guru agama di sekolah atau pondok pesantren, seperti pondok pesantren Darun Nasyi’in Bumi Jawa Kabupaten Lampung Timur. Penelitian ini guna untuk mengetahui bagaimana peran asatidz dalam pengembangan sikap keberagamaan santri di Pondok Pesantren Darun Nasyi’in Bumi Jawa Kabupaten Lampung Timur. Pertanyaan utama yang ingin dijawab melalui penelitian ini adalah : (1) Bagaimana peran asatidz dalam pengembangan sikap keberagamaan santri pada Pondok Pesantren Darun Nasyi’in Bumi Jawa Kabupaten Lampung Timur? (2) Apa kendala yang dihadapi asatidz dalam pengembangan sikap keberagamaan santri pada Pondok Pesantren Darun Nasyi’in Bumi Jawa Kabupaten Lampung Timur? (3) bagaimana upaya asatidz untuk mengatasi kendala dalam pengembangan sikap keberagamaan santri pada Pondok Pesantren Darun Nasyi’in Bumi Jawa Kabupaten Lampung Timur?

Untuk menjawab pertanyaan tersebut, maka penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif yang menghasilkan data-data yang diperoleh dari objek penelitian dengan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi, yang kemudian dilakukan analisis dengan cara mendeskripsikan data dari informan, mereduksi data sesuai kebutuhan penelitian, kemudian dianalisis oleh penulis, dan disimpulkan untuk menjawab penelitian.

Temuan penelitian ini bahwa: (1) Peran asatidz dalam pengembangan sikap keberagamaan santri pada Pondok Pesantren Darun Nasyi’in yaitu sebagai murabbi (pendidik/penasehat/pengawas), mu’alim (pengajar), mu’addib (penanaman nilai) (2) Kendala yang dihadapi asatidz dalam pengembangan sikap keberagamaan santri pada Pondok Pesantren Darun Nasyi’in yaitu adanya dampak negatif dari media elektronik ketika pulang, pengaruh pergaulan di lingkungan, kendala lain yang ditemui oleh pada Pondok Pesantren Darun Nasyi’in adalah kurangnya dukungan dari orang tua santri (3) Upaya asatidz untuk mengatasi kendala dalam pengembangan sikap keberagamaan santri pada Pondok Pesantren Darun Nasyi’in yaitu Memberikan sanksi/ hukuman (ta’ziran), Meningkatkan kerja-sama dengan orang tua, Mengadakan Kegiatan Keagamaan.

Berdasarkan hasil penelitian ini diharapkan akan menjadi bahan informasi dan masukan bagi mahasiswa, guru Pendidikan Agama Islam, para peneliti dan semua pihak yang membutuhkan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Siti Ma'ani IAIN Metro
Date Deposited: 02 Nov 2021 07:30
Last Modified: 02 Nov 2021 07:30
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/4706

Actions (login required)

View Item View Item