Kusuma, Firda (2021) Implementasi Penggunaan Produk E Channel Terhadap Kepuasan Nasabah Pada Bank BRI Syariah KCP Metro. Undergraduate thesis, IAIN Metro.
PDF
SKRIPSI Firda Kusuma -1502100257 -S1 PBS.pdf - Other Download (4MB) |
Abstract
Electronic banking adalah salah satu jasa bank yang memungkinkan nasabah untuk memperoleh informasi, melakukan komunikasi dan melakukan transaksi perbankan melalui jaringan dan bukan merupakan bank yang hanya menyelenggarakan layanan perbankan melalui internet. E-banking merupakan penyediaan jasa perbankan pada sektor retail dan skala kecil melalui saluran elektronik. Kompleksitas persaingan industri menyebabkan setiap perusahaan memfokuskan diri terhadap keinginan serta kepuasan pelanggan. Hubungan antara perusahaan dengan pelanggan merupakan hal yang sangat penting, bukan hanya menyangkut peningkatan penjualan dan reputasi penjualan melainkan juga menyangkut pembinaan jangka panjang. Manfaat dari penelitian ini adalah dapat menambah khazanah ilmu pengetahuan yang bermanfaat bagi perbankan syariah, khususnya tentang penggunaan e chanel dan dapat dijadikan masukan bagi semua pihak yang berkaitan untuk mengetahui dan memahami tentang penggunaan e chanel.
Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui penggunaan e channel terhadap kepuasan nasabah pada Bank BRI Syariah KCP Metro. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research). Adapun sumber data dalam penelitian ini diperoleh melalui metode wawancara (interview) terhadap pimpinan, dan nasabah di Bank BRI Syariah KCP Metro. Dokumentasi yang digunakan berupa dokumen yang berasal dari dokumentasi Bank BRI Syariah KCP Metro. Data yang terkumpul dianalisis menggunakan cara berfikir induktif, yaitu suatu cara berfikir yang berangkat dari fakta-fakta yang khusus dan kongkrit kemudian dari fakta yang khusus dan kongkrit tersebut di tarik secara generalisasi yang mempunyai sifat umum.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan e channel terhadap kepuasan nasabah Bank BRI Syariah KCP Metro adalah produk produk e channel yang digunakan di Bank BRI Syariah KCP Metro yaitu SMS Banking, mobile banking, internet banking, CMS, e-form, dan laku pandai. Dari keenam produk e channel yang ada produk yang sering digunakan adalah SMS Banking, mobile banking, dan internet banking. Penggunaan e channel oleh nasabah tidak semua nasabah merasa puas, ketidakpuasan nasabah disebabkan oleh adanya kendala dalam bertransaksi menggunakan layanan e channel. Kendala tersebut adalah adanya kegagalan dalam bertransaksi, masalah jaringan yang buruk, dan nasabah yang kurang memahami fitur-fitur layanan e channel yang digunakan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Perbankan Syariah |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Perbankan Syariah |
Depositing User: | Siti Ma'ani IAIN Metro |
Date Deposited: | 02 Nov 2021 07:36 |
Last Modified: | 02 Nov 2021 07:36 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/4712 |
Actions (login required)
View Item |