Kurniaty, Ages (2021) Implementasi Personal Selling Pada Produk Tabungan Di BPRS Aman Syariah Sekampung Perspektif Bauran Pemasaran Jasa (Studi Kasus PT. BPRS Aman Syariah Sekampung Lampung Timur). Undergraduate thesis, IAIN Metro.
PDF
SKRIPSI AGES KURNIATY -141256910 - S1 PBS.pdf - Other Download (6MB) |
Abstract
Perbankan merupakan suatu lembaga keuangan yang bergerak di bidang keuangan untuk menyediakan jasa bagi nasabah maupun masyarakat. Perbankan memiliki peran yang sangat penting dalam perekonomian suatu negara karena perbankan berfungsi untuk menghimpun dana dari masyarakat dalam bentuk simpanan dan menyalurkan dana tersebut kembali kepada masyarakat yang membutuhkan dana dalam bentuk kredit atau pembiayaan. Perkembangan perbankan yang sangat pesat di Kabupaten Lampung Timur menjadikan lembaga keuangan bersaing dengan ketat. Begitu juga dengan BPRS Aman Syariah Sekampung, untuk memenangkan sebuah persaingan maka dibutuhkan strategi. Karena strategi adalah kunci terpenting yang menentukan berjalan tidaknya sebuah lembaga keuangan atau lembaga perusahaan, strategi personal selling pada produk tabungan yang digunakan oleh BPRS Aman Syariah Sekampung sebenarnya memiliki cakupan kegiatan yang luas. Dalam kegiatan personal selling ini meliputi beberapa tahap yang dimulai dengan memilih target, pra pendekatan, pendekatan, presentasi, mengatasi masalah, dan menutup penjualan.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana impelentasi personal selling pada produk tabungan di BPRS Aman Syariah Sekampung perspektif bauran pemasaran jasa. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kualitatif. Dalam pengumpulan datanya penelitian ini menggunakan metode wawancara dan dokumentasi. Kemudian data yang diperoleh dianalisis menggunakan meteode penelitian kualitatif, yang dimaksudkan untuk mendeskripsikan suatu situasi atau kondisi yang bersifat fakta.
Hasil yang dapat disimpulkan dalam penelitian ini adalah dalam melakukan kegiatan personal selling BPRS Aman Syariah Sekampung masih terdapat marketing yang tidak melakukan langkah-langkah yang seharusnya dilakukan, tetapi hal tersebut tidak berpengaruh terhadap kemauan calon nasabah untuk menjadi nasabah produk tabungan di BPRS Aman Syariah Sekampung. Adanya pelayanan maksimal, bagi hasil serta kepercayaan yang diberikan menjadikan masyarakat merasa nyaman dan produk tabungan wadi’ah dan mudharabah berkembang sangat pesat.
Kata Kunci: Bauran Pemasaran Jasa, Personal Selling & Produk Tabungan
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Perbankan Syariah |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Perbankan Syariah |
Depositing User: | Siti Ma'ani IAIN Metro |
Date Deposited: | 08 Oct 2021 06:54 |
Last Modified: | 08 Oct 2021 06:54 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/4723 |
Actions (login required)
View Item |