Rahmawati, Iis Naini (2021) Strategi Bisnis Dalam Meningkatkat Jumlah Nasabah Tabungan Di PT BPRS Mitra Agro Usaha Bandar Lampung Dalam Menghadapi Persaingan Bisnis. Undergraduate thesis, IAIN Metro.
PDF
SKRIPSI IIS NAINI RAHMAWATI -1502100060 - S1 PBS.pdf - Other Download (4MB) |
Abstract
Perkembangan bank-bank syariah sekarang ini mengalami kendala karena bank-bank syariah hadir di tengah-tengah perembangan dan praktek-praktek perbankan konvensional di daerah Bandar Lampung. Salah satu Bank yang oprasionalnya berdasarkan prinsip syariah adalah PT. BPRS Mitra Agro Usaha Bandar Lampung yang tidak mau kalah dari lembaga keuangan syariah lainnya dalam hal pengembangan produk. Ketatnya persaingan saat ini membuat bank MAU harus mampu menciptakan produk-produk yang tepat dengan ukuran sederhana (mudah dalam pemasaran, pengelolaan, maupun penerapan sesuai dengan prinsip syariah). Salah satu cara yang dilakukan Bank MAU dalam mengembangkan produk-produk yang dimiliki adalah mengembangkan produk produk yang sudah ada, seperti pada produk titipan/tabungan wadiah dan roduk mudharabah. Ini menimbulkan persaingan antar lembaga keuangan syariah maupun non syariah semakin tinggi, karena sekarang ini banyak perbankkan yang berkembang dalam bisnisnya.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi yang dilakukan PT. BPRS Mitra Agro Usaha Bandar Lampung dalam memasarkan tabungan wadiah dan mudharabah untuk memenangkan persaingan bisnis. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research). Sedangkan sifat penelitiannya bersifat deskriptif. Sumber data yang digunakan adalah sumber data primer dan sekunder. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik wawancara dan dokumentasi. Data hasil temuan digambarkan secara deskriptif dan dianalisis menggunakan cara berpikir induktif.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi bisnis yang dilakukan PT. BPRS Mitra Agro Usaha Bandar Lampung dalam meningkatkan jumlah nasabah tabungan dalam menghadapi persaingan bisnis adalah dengan melakukan pelayanan prima atau service excellent kepada semua nasabah; memperluas target pasar dilakukan PT. BPRS Mitra Agro Usaha Bandar Lampung dengan memperluas pangsa pasar yang sebelumnya hana melakukan jemput bola di pasar tugu dan bintung saat ini semakin diperluas ke pasar-pasar yang lain, membangun relationship atau relasi, dan networking. Akan tetapi belum semua strategi diterapkan oleh PT. BPRS Mitra Agro Usaha Bandar Lampung karena masih banyak nasabah narasumber yang belum mengetahui produk yang mereka gunakan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Perbankan Syariah |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Perbankan Syariah |
Depositing User: | Siti Ma'ani IAIN Metro |
Date Deposited: | 04 Oct 2021 08:26 |
Last Modified: | 04 Oct 2021 08:26 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/4725 |
Actions (login required)
View Item |