Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Strategi Pengembangan Produk Simpanan di BMT AKU Metro

Manaha, Meribeth Dany (2021) Strategi Pengembangan Produk Simpanan di BMT AKU Metro. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
SKRIPSI MERIBETH DANY MANAHA - 1602100151 - SI PBS.pdf - Other

Download (3MB)

Abstract

BMT AKU Metro merupakan lembaga keuangan syariah yang tidak terlepas dari ketatnya persaingan antar lembaga keuangan penyedia modal usaha di daerah Metro. BMT AKU Metro memiliki beberapa produk simpanan dan pembiayaan yang ditawarkan. Langkah-langkah pihak manajemen dalam mengembangkan strategi terhadap produk simpanan BMT AKU yaitu berlandaskan pada prinsip syariah dengan cara menggunakan media informasi dengan menyebar brosur maupun lewat media sosial dan juga dengan menciptakan persepsi dalam pikiran anggota supaya mereka tergantung pada produk atau jasa BMT AKU Metro.

Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, dan mengambil lokasi di BMT AKU Metro, subjek dalam penelitian ini adalah manager, customer service dan nasabah BMT AKU Metro. Metode pengumpulan data menggunakan wawancara dan dokumentasi. Penelitian kualitatif ini menggunakan teknik analisis data secara induktif.

Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat disimpulkan bahwa Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, maka dapat peneliti simpulkan bahwa strategi pengembangan produk simpanan yang dilakukan oleh BMT AKU Metro meliputi strategi menghadapi persaingan, strategi produk, strategi daur hidup produk dan strategi bauran pemasaran (marketing mix). Strategi yang dilakukan BMT AKU Metro dalam melakukan pengembangan produk simpanan yaitu pengoptimalan produk simpanan SIMUDAH yang notabene merupakan produk idola yang ada di BMT AKU Metro karena pengambilan tabungan dapat dilakukan kapan saja. Selain itu mengeluarkan produk baru yaitu simpanan SUSPENSI (Simpanan Khusus Pensiun). Pemberian porsi nisbah bagi hasil yang sangat tinggi yaitu 50% : 50%, sistem simpanan dengan menggunakan akad Mudharabah yaitu sistem simpanan yang menggunakan sistem bagi hasil kemudian syarat dan mekanisme yang sangat mudah. Dari keempat strategi tersebut yang paling ditekankan adalah strategi bauran pemasaran pada aspek promotion dan price.

Kata kunci: Strategi Pengembangan, Produk Simpanan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Perbankan Syariah
Depositing User: Siti Ma'ani IAIN Metro
Date Deposited: 02 Nov 2021 07:34
Last Modified: 02 Nov 2021 07:34
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/4730

Actions (login required)

View Item View Item