Pradila, Ranum Tama (2021) Tinjauan Hukum Islam Terhadap Transparansi Transaksi Digital Pada Financial Technology (Studi Kasus Pada Layanan OVO Club PT. Visionet Internasional). Undergraduate thesis, IAIN Metro.
PDF
SKRIPSI Ranum Tama Pradila - 1702090138 - HESy.pdf - Other Download (2MB) |
Abstract
Penggunaan layanan transaksi digital dalam bentuk aplikasi pada saat ini sedang trend dan digunakan banyak orang sesuai dengan kebutuhannya. Dengan hal ini banyak start-up yang berlomba-lomba dalam mempromosikan fitur atau layanan yang terdapat dalam aplikasinya. Dengan banyaknya program iklan dan promo yang ditawarkan dimana hal ini merupakan strategi bagi pelaku usaha untuk menarik para konsumen agar menggunakan aplikasi OVO. Permasalahan yang terjadi pada pengguna aplikasi OVO yaitu konsumen merasa dirugikan dengan adanya iklan OVO yang menawarkan banyak promo dimaksudkan agar para konsumen menjadi pengguna OVO, berdasarkan permasalahan tersebut peneliti merasa perlu meninjau hukum Islam terhadap Periklanan serta Promo yang ditawarkan oleh aplikasi OVO.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana transparansi terhadap produk iklan dan promo ole h piha k OVO pada pengguna OVO Clu b ditinjau menurut pandangan hukum Islam. Manfaat penelitian ini untu k memberikan pengetahuan kepada masyaraka t umu m tentang uang elektroni k yang bercora k syaria h. Sehingga dapa t memberikan kontribusi yang positi f untu k dapa t memajukan kegiatan usaha demi kelangsungan hidu p uma t yang sejahtera.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian yuridis empiris disebut dengan penelitian lapangan, sifat penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif untu k menggali masalah lebih dalam. Sumber data yang digunakan oleh peneliti adalah sumber data primer dan sumber data sekunder. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik triangulasi data yait u gabungan antara wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan metode analisis kualitatif.
Transparansi terhadap layanan pada aplikasi OVO dinilai sudah transparan yang ditetapkan oleh pihak OVO, diketahui bahwa literatur masyarakat kita masih minim pengetahuan terkait penggunaan electronic money (E-money) sehingga memiliki berbagai kendala yang sama.
Kata Kunci: Transparansi transaksi digital, Financial technology, Tinjauan hukum Islam, periklanan dan promo
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Hukum Ekonomi Syariah |
Divisions: | Fakultas Syariah > Hukum Ekonomi Syariah |
Depositing User: | Siti Ma'ani IAIN Metro |
Date Deposited: | 02 Nov 2021 07:34 |
Last Modified: | 02 Nov 2021 07:34 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/4733 |
Actions (login required)
View Item |