Setiawan, Danny (2021) Penerapan Budaya Sekolah Dalam Pendidikan Karakter Islami Pada Sistem Boarding School di SMP Tarbiyatul Mu’alimin Wall Mu’allimats Al-Islamiyyah Roudlatul Qur’an. Masters thesis, IAIN Metro.
PDF
TESIS DANNY SETIAWAN - 19001841 - PAI.pdf - Other Download (3MB) |
Abstract
Permasalahan karakter merupakan isu besar yang dihadapi bangsa Indonesia saat ini. Berbagai konsep dan desaign tentang pendidikan karakter di munculkan sebagai upaya dalam memperbaiki serta memajukan kualitas karakter bangsa. Lembaga Pendidikan SMP TMI merupakan Lembaga yang melaksanakan penerapan budaya sekolah dalam pendidikan karakter dengan sistem boarding school pada penerapan nilai-nilai karakter yang dikembakan dengan menggunkan strategi berupa pembelajaran yang terawasi atau pembelajaran yang terbimbing.
Tujuan penelitian ini adalah : 1) untuk mengetahui bagaimana penerapan budaya sekolah, 2) untuk mengetahui bagaimana strategi yang digunakan dalam penerapan pendidikan karakter Islami pada sistem boarding school, 3) untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat penerapan budaya sekolah dalam pendidikan karakter Islami pada sistem boarding school.
Penelitian ini peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif yang betujuan untuk memahami fenomena tentang apa yang dialami oleh subjek penelitian, seperti perilaku, persepsi, motivasi kemudian tindakan. Selanjutnya penelitian ini dilakukan di SMP TMI Roudlatul Qur’an Metro.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa penerapan budaya sekolah sudah diterapkan bahkan sudah dilaksanakan sejak sekolahan berdiri, dimulai dari kepala sekolah, guru, staff sekolah sampai kepada peserta didik. Dengan ini penerapan budaya sekolah sudah terbentuk dari pengajar. Namun yang dialami pada masa pandemi ini ketika peserta didik dipulangkan ke rumah masing-masing sehingga terjadi beberapa kendala yang antara lain susahnya komunikasi, penyamapaian materi dan tugas yang diberikan, karena ada beberapa peserta didik yang kesulitan dalam mengirim dan menerima tugas ataupun materi yang diberikan oleh guru. Sehingga menghasilkan terganggunya proses belajar mengajar dan penyamapaian materi pembelajaran.
Adapun faktor pendukung dalam penerapan budaya sekolah dalam pendidikan karakter pada sistem boarding school, sarana dan prasarana yang di siapkan oleh sekolah, seluruh guru melaksanakan penerapan budaya sekolah, serta banyaknya media ajar yang yang dapat digunakan oleh pengajar dalam menyampaikan pembelajaran.
Faktor penghambat yang dialami berupa, tidak semua pengajar yang tinggal bersama peserta didik ikut mengajar disekolah. Sehingga mengahasilkan visi dan misi yang diciptakan oleh sekolah sedikit terhambat.
Kata Kunci: Karakter Islami, Pendidikan Karakter, Boarding School
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Agama Islam |
Divisions: | Pascasarjana > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Siti Ma'ani IAIN Metro |
Date Deposited: | 02 Nov 2021 07:35 |
Last Modified: | 02 Nov 2021 07:35 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/4739 |
Actions (login required)
View Item |