Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Peran Guru dalam Mengatasi Kesulitan Belajar PAI Siswa Pada Masa Covid-19 di SMP Sunan Ampel Kecamatan Punggur Lampung Tengah

Umar, Muhammad (2021) Peran Guru dalam Mengatasi Kesulitan Belajar PAI Siswa Pada Masa Covid-19 di SMP Sunan Ampel Kecamatan Punggur Lampung Tengah. Masters thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
TESIS MUHAMMAD UMAR - 19001854 - PAI.pdf - Other

Download (3MB)

Abstract

Proses pembelajaran di masa pandemi jauh berbeda dengan sebelumnya dan banyak kebingungan karena sebaigian siswa yang bersekolah di SMP Sunan Ampel Punggur tinggal dan mengikuti pendidikan di pondok pesantren yang di ketahui bahwa didalam pondok pesantren santri dilarang membawa HP. Kesulitan yang dialami siswa dalam pembelajaran PAI yaitu dalam memahami pelajaran pendidikan agama islam di karenakan guru hanya memberikan teori dan tugas tanpa banyak menjelaskan seperti pembelajaran didalam kelas sebelumnya dan banyak siswa yang menanyakan pertanyaan yang sama dengan siswa yang lain dikarenakan siswa kurang membaca percakapan dalam whatsup grub bahkan bertanya dengan chat pribadi.

Tujuan dari penelitian ini yaitu adalah : 1) Untuk mengetahui kesulitan belajar pendidikan agama Islam yang dialami siswa. 2)Untuk mengetahui peran guru dalam mengatasai kesulitan belajar pendidikan agama Islam siswa. 3) Untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat peran guru dalam mengatasi kesulitan belajar pendidikan agama Islam siswa.

Penelitian ini peneliti menggunakan penelitian kualitatif deskriptif. Penelitian deskriptif adalah penelitian yang bersifat menggambarkan, menguraikan suatu hal menurut apa adanya. Selanjutnya jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research), yaitu penelitian yang dilakukan di suatu tempat yang dipilih sebagai lokasi dan objek penelitian, penelitian ini dilakukan di Di Smp Sunan Ampel kecamatan Punggur Lampung Tengah.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kesulitan yang dialami siswa dalam belajar yaitu kesulitan dalam menggunakan media pembelajara, kurangnya minat belajar siswa yang ditandai dengan jarang aktifnya siswa dalam mengikuti pembelajaran, kemalasan siswa yang bertambah, kesulitan dalam memahami materi pembelajaran. Dalam mengatasi masalah tersebut guru membimbing dan mengarahkan siswa dalam belajar, guru menggunakan media belajar seperti memberikan materi berbentuk video, gambar, dan aplikasi belajar guna menarik perhatian siswa dan merangsang minat belajar siswa, guru juga memberika motivasi belajar kepada siswa. Motivasi ditujukan untuk meningkatkan semangat belajar siswa, guru juga memberikan himbauan kepada orang tua untuk membantu mengawasi belajar siswa guna menanamkan kedisiplinan siswa dalam belajar. Faktor pendukung peran guru dalam mengatasi kesulitan belajar siswa diantaranya media komunikasi yang dimiliki guru, sarana prasarana yang disediakan sekolah, bantuan kuota internet dari dinas pendidikan serta banyak sumber belajar yang dapat dikutip guru untuk diberikan kepada siswa. Faktor penghambat yaitu kurangnya motivasi diri dari siswa sendiri, kurangnya kerja sama antara guru dengan orangtua siswa, kurangnya motivasi belajar siswa dan kurangnya sumberdaya dalam menggunakan media komunikasi untuk pembelajaran serta minat belajar siswa yang rendah.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Pascasarjana > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Siti Ma'ani IAIN Metro
Date Deposited: 02 Nov 2021 07:36
Last Modified: 02 Nov 2021 07:36
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/4748

Actions (login required)

View Item View Item