Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Pemanfaatan Teknologi Informasi Pada Usaha Konveksi di Kota Metro Perspektif Ekonomoni Islam (Study Kasus Usaha Konveksi di Kota Metro)

Jatmiko, Edi (2021) Pemanfaatan Teknologi Informasi Pada Usaha Konveksi di Kota Metro Perspektif Ekonomoni Islam (Study Kasus Usaha Konveksi di Kota Metro). Masters thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
TESIS Edi Jatmiko -18004819 - ESy.pdf - Other

Download (4MB)

Abstract

Teknologi informasi memberikan kemudahan dalam pemasaran dan pembayaran. Namun di balik kemudahan masih terdapat celah bagi pelaku usaha memanfaatkan teknologi informasi untuk berbuat curang seperti mencari keuntungan pribadi yang merugikan orang lain. Selain itu, masih terdapat pelaku usaha yang menggunakan bank konvensional dalam melakukan transaksi jual beli. Keadaan ini perlu ditinjau apakah penggunaan teknologi informasi dengan menggunakan electronic commerce (e-commerce) diperbolehkan dengan syarat tidak menyimpang dari ketentuan-ketentuan syariah Islam.

Penelitian ini tergolong dalam kelompok penelitian dengan metode analisis mixed methods. Metode yang digunakan untuk menganalisa data adalah metode Delphi. Metode Delphi adalah proses yang dilakukan dalam kelompok untuk mensurvei dan mengumpulkan pendapat para ahli terkait topik tertentu. Tahapan dalam metode Delphi terdiri dari mengidentifikasikan isu, menentukan partisipan, membuat pernyataan open-end, dan mengembangkan pertanyaan untuk round kedua.

Adapun hasil dari penelitian ini yaitu dari delapan butir pertanyaan pada instrumen pertama, pertanyaan nomor 7 memperoleh hasil rangking yang paling tinggi yaitu dengan jumlah point sebesar 52. Pada pemanfaatan teknologi informasi para panelis (pelaku usaha konveksi) menyatakan bahwa pembayaran melalui digital payment tidak bertentangan dengan ekonomi Islam karena sifatnya memberikan kemudahan. Pembayaran melalui digital payment dengan mobile banking juga sudah digunakan dalam transaksi pada usaha konveksi yang mereka jalani.

Pada uji kendals yang dilakukan diperoleh hasil p-value sebesar 0.61. Artinya p value > critical value (0.05) atau Ho diterima (rangking dari objek tidak saling berhubungan atau independen dengan satu dan yang lain). Hal ini membuktikan bahwapengusaha konveksi mengerti perbedaan dalam penggunaan TI (Teknologi Informasi) pada aspek pemasaran dan aspek pembayaran. Pada aspek pemasaran pelaku usaha konveksi akan mempertimbangkan mengembangkan pemasaran melalui facebook ads dan google ads sedangkan pada aspek pembayaran tetap menggunakan jasa transfer serta mempertimbangkan penggunaan jasa perbankan syariah dan mereka akan meningkatkan prinsip prinsip Ekonomi Islam dalam memanfaatkan teknologi informasi.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Ekonomi Syariah
Divisions: Pascasarjana > Ekonomi Syariah
Depositing User: Siti Ma'ani IAIN Metro
Date Deposited: 02 Nov 2021 07:37
Last Modified: 02 Nov 2021 07:37
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/4754

Actions (login required)

View Item View Item