Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Peran Guru PAI dalam Pembelajaran Kerukunan Antar Umat Beragama di SMP Islam Tias Bangun Kecamatan Pubian Kabupaten Lampung Tengah

Gunawan, Dadan (2021) Peran Guru PAI dalam Pembelajaran Kerukunan Antar Umat Beragama di SMP Islam Tias Bangun Kecamatan Pubian Kabupaten Lampung Tengah. Masters thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
TESIS DADAN GUNAWAN - 1800732 - PAI.pdf - Other

Download (5MB)

Abstract

Melatar belakangi penelitian ini adalah kerukunan antar umat agama yang disebabkan kurangnya pemahaman akan toleransi itu sendiri, fanatisme yang berlebih terhadap apa yang dia ada di atasnya dan pengaruh media sosial yang mempengaruhi pemahaman anak tentang toleransi itu sendiri, sehingga diperlukan peran guru dalam pembelajaran kerukunan antar umat beragama sehingga mampu untuk menekan tingkat intoleran pada diri siswa.

Penelitian ini membahas tentang peran guru PAI dalam pembelajaran kerukunan antar umat beragama di SMP Islam Tias Bangun Kecamatan Pubian Kabupaten Lampung Tengah. Fokus penelitian ini yang telah dikaji adalah: (1) Peran guru PAI dalam meningkatan toleransi antar umat beragama di SMP Islam Tias Bangun. (2) Apa saja fakor pendukung dan penghambat terjadinya kerukunan antar umat beragama di SMP Islam Tias Bangun. (3) Bagaimana solusi mengatasi hambatan pembelajaran kerukunan antar umat beragama di SMP Islam Tias Bangun.

Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, maka kehadiran peneliti di lapangan sangat penting. Peneliti bertindak langsung sebagai instrument dan sebagai pengumpul data hasil wawancara, observasi dan dokumentasi yang mendalam serta terlibat aktif dalam penelitian. Data yang berbentuk kata-kata diperoleh dari para informan, sedangkan data tambahan berupa dokumen. Analisis data dilakukan dengan cara menelaah data yang ada, lalu melakukan reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan dan tahap akhir dari analisa data ini adalah mengadakan keabsahan data dengan menggunakan ketekunan pengamatan triangulasi data.

Hasil penelitian menunjukkan bahwasanya, (1) Peran guru dalam pembelajaran kerukunan antar umat beragama diantaranya: Edukator, memberikan pemahaman tentang toleransi agama dengan cara membahas materi ajar selalu dikaitkan dengan masalah toleransi agama. Motivator, menghilangkan paradigma tersebut dan menghilangkan jarak di antara mereka tentu saja dengan batasan-batasan yang dibolehkan agama. Fasilitator, berupaya memberikan penjelasan kepada mereka dengan selalu mengajak diskusi agar pola pikir mereka terbuka dan di kemudian hari tidak mengulangi hal yang sama, Pendekatan melalui Bimbingan dan Konseling. Organisator, Menjalin kerjasama dengan orang tua siswa, Menjalin kerjasama dengan orang tua siswa kerjasama yang dilakukan oleh kami sebagai guru dan orang tua jika dilakukan dengan baik dan benar. (2) Faktor pendukung, Sering terjadi interaksi, Contoh keteladanan dari bapak ibu guru, Dukungan yang besar dari yayasan (3) Faktor penghambat diawal penyesuaian pada saat beradaptasi Cara mereka memberikan informasi (4) Solusi, pengawasan terhadap penggunaan media sosial, meningkatan kecintaan terhadap NKRI, adanya kerjasama antara orangtua, sekolah dan masyarakat.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Pascasarjana > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Siti Ma'ani IAIN Metro
Date Deposited: 02 Nov 2021 07:38
Last Modified: 02 Nov 2021 07:38
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/4759

Actions (login required)

View Item View Item