Pranata, Darma (2021) Peningkatan Loyalitas Anggota Melalui Strategi Funding Pada BMT “Untuk Gerakan Perubahan” Wonogiri Pekalongan Lampung Timur. Masters thesis, IAIN Metro.
PDF
TESIS DARMA PRANATA -18004830 - EKONOMI SYARIAH PASCASARJANA.pdf - Other Download (1MB) |
Abstract
Kualitas pelayanan yang prima dan unggul guna mempengaruhi anggotanya supaya anggota tidak berpaling dan berpindah pada lembaga keuangan lain yang memberikan kualitas pelayanan lebih baik. Tidak sedikit pula BMT yang kewalahan meyakinkan anggotanya bahwa BMT yang sekarang masih produktif bisa menjamin segala aspek dan amanah. Akibatnya banyak anggota yang menarik semua tabungan karena takut uang yang ditabung dibawa kabur atau BMT tersebut mengalami permasalahan juga. Hal ini jelas membuat kas BMT menurun dan perputaran uang semakin cepat, kepercayaan dan loyalitas pelanggan atau anggota tujuan utama dalam proses berlangsungnya atau proses pengoprasian BMT, karena dalam mempertahankan loyalitas anggota, Strategi funding yang efektif dan baik akan memberikan peningkatan kepercayaan anggota BMT itu sendiri, kemudian loyalitas akan tercapai, apalagi dimasa pandemic covid-19 ini sangat tidak mudah. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) Bagaimanakah peningkatan loyalitas anggota di BMT Untuk Gerakan Perubahan Wonogiri Pekalongan Lampung Timur. 2) Bagaimana strategi funding di BMT Untuk Gerakan Perubahan Wonogiri Pekalongan Lampung Timur.
Desain penelitian ini diantaranya, jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan. Sifat penelitian ini adalah penelitian deskriptif yaitu bentuk penelitian yang ditunjukkan untuk mendiskripsikan fenomena yang ada. Sumber data dalam penelitian ini adalah subyek dari mana data diperoleh sumber sprimer dan sumber sekunder. Teknik pengumpulan datanya dengan angket, wawancara dan dokumentasi. Pengujian keabsahan data dengan triangulasi. Sedangkan analisis data dengan reduksi data, penyajian data penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukkan. Peningkatan loyalitas anggota di BMT Untuk Gerakan Perubahan Wonogiri melalui strategi funding dipahami nilai t-hitung (18,392) > t-tabel dengan 1,671, N= 59 tingkat kepercayaan 0,05 – 0,10 = 1,671 dengan tingkat signifikan 0,000 pada t-tabel, sehingga variabel strategi funding dengan peningkatan loyalitas anggota. Persamaan regresi Ŷ = 7,040 + (0.770)X yang menunjukan bahwa setiap kenaikan satu unit sekor strategi funding akan menyebabkan kenaikan skor peningkatan loyalitas anggota sebesar (0,770) unit pada konstanta 7,752 Besarnya peningkatan loyalitas anggota melalui strategi funding adalah 77,52%. Peningkatan loyalitas anggota melalui strategi funding memperkuat data kuantitatif dan memperluas data kuantitatif yaitu dengan menambahkan faktor-faktor lain yang mempengaruhi peningkatan loyalitas anggota sebagai anggota BMT UGP Wonogiri yang secara langsung dengan cara menyebar angket serta melakukan wawancara kepada responden yang dipilih secara random untuk pengumpulan data kuantitatif untuk pengumpulan data kualitatif dan peningkatan loyalitas anggota menjadi anggota BMT UGP Wonogiri fasilitas, kemudahan dan kenyamanan dalam pelayanan.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | Ekonomi Syariah |
Divisions: | Pascasarjana > Ekonomi Syariah |
Depositing User: | Siti Ma'ani IAIN Metro |
Date Deposited: | 02 Nov 2021 07:39 |
Last Modified: | 02 Nov 2021 07:39 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/4762 |
Actions (login required)
View Item |