Ariani, Lina (2021) Pengaruh Persepsi Mahasiswa dan Minat Menggunakan Uang Elektronik (Studi Kasus Pada Mahasiswa Perbankan Syariah IAIN Metro). Undergraduate thesis, IAIN Metro.
PDF
Skripsi -Lina Ariani - 1702100053 - S1 PBS.pdf - Other Download (2MB) |
Abstract
Perkembangan teknologi berbasis internet sudah dikenal oleh masyarakat secara luas, dengan berbagai macam sistem pembayaran non tunai yaitu seperti kartu debit atau debit card, kartu kredit atau credit card, ATM, cek, bilyet giro dan uang elektronik. Uang elektronik tergolong sebagai uang kartal yang tidak memiliki bukti fisik. Penggunaan uang elektronik atau e-money sama dengan penggunaan uang kartal yaitu logam atau kertas digunakan untuk melakukan pembelian atau pembayaran untuk kebutuhan sehari-hari. Transaksi menggunakan e-money mejadi lebih mudah dan sederhana.
Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh persepsi mahasiswa menggunakan uang elektronik terhadap minat menggunakan aplikasi Ovo. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Teknik analisis yang digunakan yaitu analisis regresi linier sederhana. Teknik pengumpulan data menggunakan metode kuesioner sebanyak 90 responden dan metode dokumentasi. Teknik yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan teknik simple random sampling. Simple random sampling merupakan metode penarikan dari sebuah populasi atau semesta dengan setiap anggota populasi atau semesta tadi memiliki peluang yang sama untuk terpilih atau terambil.
Hasil penelitian ini adalah adanya pengaruh persepsi mahasiswa menggunakan uang elektronik terhadap minat menggunakan aplikasi OVO dengan hasil nilai t sebesar 4,513 dengan nilai signifikan sebesar 0,000.
Kata Kunci : Persepsi, Minat, Uang Elektronik
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Perbankan Syariah |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Perbankan Syariah |
Depositing User: | Siti Ma'ani IAIN Metro |
Date Deposited: | 02 Nov 2021 07:40 |
Last Modified: | 02 Nov 2021 07:40 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/4765 |
Actions (login required)
View Item |