Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Peran Orangtua Dalam Pendampingan Belajar Anak Pada Masa Pandemi Covid-19 di 22A Kelurahan Hadimulyo Timur

Nissa, Nadia Khairun (2021) Peran Orangtua Dalam Pendampingan Belajar Anak Pada Masa Pandemi Covid-19 di 22A Kelurahan Hadimulyo Timur. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
SKRIPSI NADIA KHAIRUN NISSA - 1701050027 - PGMI.pdf - Other

Download (1MB)

Abstract

Peran orangtua sangat penting dalam menentukan keberhasilan pendidikan anak-anak mereka dalam pendampingan belajar, karena mereka adalah orang yang berhadapan langsung dengan anak-anak di lingkungan keluarga. Banyak orangtua yang terlalu sibuk dengan pekerjaannya sehingga lupa dan tidak memperhatikan perannya dalam pendidikan anak, atau orangtua yang benar-benar tidak memahami mengeluhkan dirinya keteteran dan menyadari perannya sehingga mereka cenderung menganggap bahwa tugas pendidikan sepenuhnya diserahkan pada guru di sekolah.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran orangtua dalam proses pendampingan belajar pada masa pandemi Covid-19 di 22A Kelurahan Hadimulyo Timur dan mengetahui kendala pendampingan belajar terhadap anak.

Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif bersifat deskriptif, penelitian di 22A Kelurahan Hadimulyo Timur, untuk memperoleh data dalam penelitian ini menggunakan metode wawancara, observasi, dokumentasi sebagai penunjang. Subjek penelitian adalah 10 orang tua wali murid di 22A Kelurahan Hadimulyo Timur dengan melakukan uraian wawancara.

Berdasarkan hasil data, fakta, dan teori yang diperoleh dalam penelitian menunjukan kesimpulan bahwa orangtua melaksanakan dua peran sekaligus pertama menjadi orangtua dan kedua menjadi guru di rumah, menyediakan sarana dan prasarana kepada anak, memberikan semangat, motivasi, mengarahkan anak sesuai dengan bakat dan minat yang dimiliki oleh masing-masing anak. Dan kendala yang dialami yaitu latar belakang pendidikan orangtua mempengaruhi tingkat kemudahan dan kesulitan orangtua dalam mendidik anak, tingkat ekonomi orangtua mempengaruhi proses pembelajaran secara daring.

Kata Kunci : Peran Orangtua, Pendampingan Belajar Anak, 22A Kelurahan Hadimulyo Timur

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Siti Ma'ani IAIN Metro
Date Deposited: 02 Nov 2021 07:45
Last Modified: 02 Nov 2021 07:45
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/4766

Actions (login required)

View Item View Item