Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Strategi Promosi Pengembangan Wisata Taman Kopiah Emas Melalui Media Digital Dalam Perspektif Etika Bisnis Islam (Study Pada Wisata Taman Budaya Kopiah Emas di Lampung Tengah)

Restiana, . (2021) Strategi Promosi Pengembangan Wisata Taman Kopiah Emas Melalui Media Digital Dalam Perspektif Etika Bisnis Islam (Study Pada Wisata Taman Budaya Kopiah Emas di Lampung Tengah). Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
SKRIPSI RESTIANA - 1602040138 - ESy.pdf - Other

Download (7MB)

Abstract

Taman Kopiah Emas merupakan taman yang terdapat di Kabupaten Lampung Tengah yang dikelola langsung oleh Dinas Pariwisata Kabupaten Lampung Tengah. Guna memperkenalkan wisata yang terdapat di Lampung Tengah, Dinas Pariwisata mengunakan beberapa cara yaitu mengunakan strategi promosi baik secara langsung atau menggunakan media sosial. Strategi promosi dalam perspektif etika bisnis Islam adalah kegiatan promosi yang berlandaskan pada Al-Qur‘an dan As-Sunnah. Sehingga kegiatan promosi yang dilakukan dapat membawa keberkahan di dunia dan akhirat. Karena berbisnis bukan hanya mencari keuntungan, tetapi itu harus diniatkan sebagai ibadah kita kepada Allah SWT, dengan menerapkan prinsip-prinsip etika bisnis Islam.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi promosi pengembangan wisata Taman Kopiah Emas melalui media digital dilihat dari perspektif etika bisnis Islam. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research). Sedangkan sifat penelitiannya bersifat deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik wawancara dan dokumentasi. Data hasil temuan digambarkan secara deskriptif dan dianalisis menggunakan cara berpikir induktif.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi promosi pengembangan pada Taman Kopiah Emas yang digunakan oleh Dinas Pariwisata Kabupaten Lampung Tengah yaitu melalui berbagai variabel promosi diantaranya yaitu periklanan, penjualan personal, promosi penjualan, hubungan masyarakat, dan pemasaran langsung. Dalam melakukan kegiatan promosi, Dinas Pariwisata Kabupaten Lampung Tengah telah melakukan promosi sesuai dengan etika bisnis Islam, yang dapat dilihat dari pembahasan di atas. Dinas Pariwisata telah menggunakan prinsip etika bisnis Islam berupa tidak mengobral sumpah dalam berpromosi, berkalimat atau berkata jujur, selalu memenuhi akad dan janji, menghindari promosi palsu dengan tujuan menarik wisatawan berkunjung serta rela mendapatkan laba yang sedikit.

Kata kunci : Strategi Promosi, Pariwisata dan Etika Bisnis Islam

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ekonomi Syariah
Depositing User: Siti Ma'ani IAIN Metro
Date Deposited: 02 Nov 2021 07:46
Last Modified: 02 Nov 2021 07:46
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/4770

Actions (login required)

View Item View Item