Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Pengaruh Tingkat Margin dan Pelayanan terhadap Kepuasan Nasabah pada Pembiayaan Murabahah (Studi Kasus BPRS Metro Madani Metro)

Safitri, Enneng Nisa Alviani (2018) Pengaruh Tingkat Margin dan Pelayanan terhadap Kepuasan Nasabah pada Pembiayaan Murabahah (Studi Kasus BPRS Metro Madani Metro). Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img]
Preview
PDF
SKRIPSI ENNENG NISA ALVIANI SAFITRI NPM. 141262410.pdf - Other

Download (2MB) | Preview

Abstract

Keberadaan bank berprinsip syariah tidak terlepas dari faktor margin dan pelayanan. Nasabah mulai selektif dalam menentukan tempat untuk melakukan pembiayaan. Sehingga membuat bank syariah untuk mengambil kebijakan penetapan margin yang kompetitif dan pelayanan yang baik diharapkan nasabah bisa mencapai nilai kepuasan pada bank syariah. Hal ini dengan tujuan agar nasabah bisa memilih untuk menggunakan jasa bank syariah yang berdampak pada berkembangnya perbankan syariah di Indonesia.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantatif dengan tujuan untuk meneliti pengaruh tingkat margin dan pelayanan terhadap kepuasan nasabah di BPRS Metro Madani. Adapun variabel dependen adalah kepuasan nasabah dan variabel independennya adalah tingkat margin dan pelayanan. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data wawancara dan angket. Wawancara dilakukan terhadap karyawan financing officer pada bank tersebut untuk menanyakan keadaan nasabah Pembiayaan Murabahah. Dan angket dibagikan kepada nasabah Pembiayaan MurabahahBPRS Metro Madani. Alat yang digunakan untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi kepuasan nasabah pada BPRS Metro Madani Kota Metro adalah regresi linier berganda.

Hasil dari penelitian ini yaitufaktor yang paling memberikan pangaruh pada produk pembiayaan Murabahah di BPRS Metro Madani Kota Metro adalah pelayanan. Pada Pengujian Beta dapat dilihat bahwa nilai pada Variabel Tingkat Margin (X1) adalah sebesar 0,388 sementara untuk Variabel Pelayanan (X2) adalah sebesar 0,754. Hal ini menunjukan bahwa Beta X1 < Beta X2 yang memiliki arti faktor pelayanan adalah faktor dominan pada kepuasan nasabah. Sehingga pelayanan menjadi faktor kepuasan nasabah pembiayaan murabahah pada BPRS Metro Madani Kota Metro.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Perbankan Syariah
Depositing User: Aan Gufroni .
Date Deposited: 07 Jan 2020 01:12
Last Modified: 07 Jan 2020 01:12
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/480

Actions (login required)

View Item View Item