Khoiriyah, Nurul (2021) Implementasi Kurikulum 2013 Revisi dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMK Al Falah Rumbia Lampung Tengah. Masters thesis, IAIN Metro.
PDF
TESIS NURUL KHOIRIYAH -19001856 - PAI.pdf - Other Download (2MB) |
Abstract
Kurikulum merupakan bagian penting yang tidak dapat terpisahkan dari sistem pendidikan, bahkan sangat menentukan keberhasilan pendidikan untuk selanjutnya. Ketika berbicara perubahan kurikulum sudah dapat dipastikan akan banyak menarik perhatian yang banyak. Di era masa yang sekarang ini dianggap pemerintah paling mampu menjadi pandangan baru dalam fokus acuan pendidikan adalah kurikulum 2013. Berbeda dengan kurikulum sebelumnya, kurikulum 2013 dalam perencanaan implementasinya diklaim dapat memberikan solusi bagi terkendalanya kemajuan bangsa Indonesia melalui pembelajaran karakter yang memiliki pendekatan ilmiah (scientific approach) sehingga output pendidikan yang dihasilkan akan sesuai dengan harapan. Implementasi kurikulum ini diharapkan dapat menghasilkan insan yang produktif, kreatif, dan inovatif. Implementasi kurikulum yang dilakukan diberbagai sekolah secara bertahap sesuai dengan kesiapan masing-masing sekolah, sedangkan disekolah menengah kejuruan Al Falah sudah menerapkan kurikulum 2013 revisi khususnya dalam pembelajaran pendidikan agama islam.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan obyek kajian penelitian lapangan (field research). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis data dengan teknik yang digunakan yaitu teknik interview atau wawancara, teknik observasi (pengamatan atau pencatatan), dan dokumentasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi dalam pembelajaran PAI kurikulum 2013 revisi di SMK Al Falah Rumbia Lampung Tengah, mengetahui factor- factor yang menghambat implementasi pembelajaran PAI kurikulum 2013 revisi di SMK Al Falah Rumbia Lampung Tengah, dan untuk mengetahui proses pembelajaran PAI dalam kurikulum 2013 revisi di SMK Al Falah Rumbia Lampung Tengah.
Hasil penelitian bahwa implementasi kurikulum 2013 revisi dalam pembelajaran pendidikan agama islam di SMK Al Falah Rumbia telah direncanakan, dilaksanakan, dimonitoring dan dievaluasi. Akan tetapi masih terkendala sarana prasarana yang ada disetiap sekolah sehingga guru harus benar-benar memahami kurikulum yang berlaku saat ini. Sedangkan factor factor yang menghambat implementasi dalam pembelajaran PAI kurikulum 2013 revisi di SMK Al Falah Rumbia Lampung Tengah yaitu dari factor pemahaman guru pada kurikulum 2013 revisi, dan factor sarana prasarana yang kurang memadai disetiap satuan pendidikan. Maka dari itu proses pembelajaran pendidikan agama islam dalam kurikulum 2013 revisi di SMK Al Falah Rumbia sudah dilaksanakan dengan baik tetapi masih ada kendala yang belum bisa untuk maksimal pembelajarannya. Proses pembelajaran pada Kurikulum 2013 terdiri atas pembelajaran intrakurikuler dan pembelajaran ekstrakurikuler.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Agama Islam |
Divisions: | Pascasarjana > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Siti Ma'ani IAIN Metro |
Date Deposited: | 04 Oct 2021 08:25 |
Last Modified: | 04 Oct 2021 08:25 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/4800 |
Actions (login required)
View Item |