Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Peran Pendidik dalam Mengembangkan Kecerdasan Emosional Peserta Didik pada Pembelajaran Daring Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Cahaya Bangsa Kota Metro

Kismawan, Ardi (2021) Peran Pendidik dalam Mengembangkan Kecerdasan Emosional Peserta Didik pada Pembelajaran Daring Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Cahaya Bangsa Kota Metro. Masters thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
TESIS ARDI KISMAWAN 19001837 - PAI.pdf - Other

Download (1MB)

Abstract

Kecerdasan emosi merupakan keahlian seseorang dalam memotivasi dan menata baik-baik emosi serta memahami perasaan dalam individu dan dalam hubungan dengan orang lain. Terdapat lima indikator yang akan digunakan mengukur kecerdasan emosional, yakni berkaitan dengan pengendalian Emosi Diri, pengelolaan Emosi, kemampuan Diri Sendiri, kemampuan mengenali Emosi Orang Lain, dan kemampuan embina Hubungan Rumusan pertanyaan dalam penelitian ini yaitu. Pertama, bagaimanakah peran pendidik dalam mengembangkan kecerdasan emosional peserta didik pada pembelajaran daring mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Cahaya Bangsa kota Metro. Kedua, apakah yang menjadi faktor pendukung dalam mengembangkan kecerdasan emosi di masa covid-19. Ketiga, apakah yang menjadi faktor penghambat dalam mengembangkan kecerdasan emosi di masa covid-19.

Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dan bersifat deskriptif. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode interview, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data pada penelitian ini yaitu menggunakan reduksi data, penyaijan data ppenarikan kesimpulan.

Berdasarkan penelitian yang telah dilaksanakan dapat diketahui bahwa. Pendidik berperan dalam mengembangkan kecerdasan emosional siswa, dengan nasehat dan menceritakan teladan nabi. Guru juga membimbing dengan mengingatkan pentingnya pembelajaran ketika siswa malas mengikuti pembelajaran. dan juga sebagai motivasi.

Peran pendidik juga didukung oleh kebijakan kepala sekolah untuk kegiatan keagamaan, variasi pembelajaran serta sarana prasarana yang mendukung guru dalam mengembangkan kecerdasan emosional secara daring seperti ketersediaan komputer atau laptop di sekolah dan layanan internet di sekolah. Berdasarkan pengamatan di lapangan ada beberapa hal yang menghambat peran guru dalam mengembangkan kecerdasan emosi. Diantaranya lokasi dan kondisi lingkungan peserta didik yang berbeda beda mempengaruhi masing masing kualitas sinyal dalam pembelajaran daring.

Kata Kunci : Kecerdasan Emosi, Peran Pendidik

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Pascasarjana > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Siti Ma'ani IAIN Metro
Date Deposited: 04 Oct 2021 08:26
Last Modified: 04 Oct 2021 08:26
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/4801

Actions (login required)

View Item View Item