Nurhidayati, Tutik (2021) Pengaruh Pendampingan dan Pemberian Motivasi Orangtua Terhadap Hasil Belajar PAI Masa Adaptasi Kebiasaan Baru di SD Negeri 1 Metro Timur. Masters thesis, IAIN Metro.
PDF
TESIS TUTIK NURHIDAYATI -19001866 - PAI.pdf - Other Download (5MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh pendampingan orangtua terhadap hasil belajar PAI masa adaptasi kebiasaan baru siswa kelas V SD Negeri 1 Metro Timur, (2) pengaruh pemberian motivasi orangtua terhadap hasil belajar PAI masa adaptasi kebiasaan baru siswa kelas V SD Negeri 1 Metro Timur, dan (3) pengaruh pemberian motivasi orangtua dan pemberian motivasi orangtua secara bersama-sama terhadap hasil belajar PAI masa adaptasi kebiasaan baru siswa kelas V SD Negeri 1 Metro Timur.
Jenis penelitian ini adalah ex post facto, dengan pendekatan kuantitatif. Subyek penelitian adalah siswa kelas kelas V SD Negeri 1 Metro Timur. Uji coba instrumen penelitian dilakukan terhadap 32 siswa kelas kelas VI SD Negeri 1 Metro Timur, pengumpulan data menggunakan kuesioner/angket dan studi dokumentasi. Pengujian prasyarat analisis meliputi uji normalitas, uji linieritas, dan uji multikolinieritas. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi sederhana untuk menjawab hipotesis penelitian pertama dan kedua serta analisis regresi ganda untuk menjawab hipotesis penelitian ketiga.
Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa: (1) ada pengaruh positif dan signifikan antara pendampingan orangtua terhadap hasil belajar dengan koefisien rx1y sebesar 0,716 dan koefisien r2 = 0,512, (2) ada pengaruh positif dan signifikan antara pemberian motivasi orangtua terhadap hasil belajar dengan koefisien rx2y sebesar 0,749 dan koefisien r2 = 0,561 dan (3) ada pengaruh positif dan signifikan antara pemberian pendampingan orangtua dan pemberian motivasi orangtua secara bersama-sama terhadap hasil belajar PAI masa adaptasi kebiasaan baru siswa kelas V SD Negeri 1 Metro Timur yang ditunjukkan dengan koefisien R = 0,985 dan koefisien R2 sebesar 0,971. Hal ini menunjukkan bahwa 97,1% perubahan pada variabel hasil belajar (Y) dipengaruhi oleh pendampingan orangtua (X1) dan pemberian motivasi orangtua (X2), sedangkan 2,9% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Berdasarkan hasil uji F diperoleh nilai Fhitung sebesar 1,086 dan Ftabel pada taraf signifikasi 5% sebesar 0,319. Berdasarkan hasil tersebut diketahui bahwa Fhitung > Ftabel yang berarti terdapat pengaruh yang positif dan signifikan pendampingan orangtua dan pemberian motivasi orangtua secara bersama-sama terhadap hasil belajar.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Agama Islam |
Divisions: | Pascasarjana > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Siti Ma'ani IAIN Metro |
Date Deposited: | 04 Oct 2021 08:26 |
Last Modified: | 04 Oct 2021 08:26 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/4802 |
Actions (login required)
View Item |