Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Pengaruh Kecerdasan Emosional, Motivasi Belajar dan Kepercayaan Diri terhadap Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Siswa SMP Negeri 5 Kota Metro

Aulia, Amelia Zakiatu (2021) Pengaruh Kecerdasan Emosional, Motivasi Belajar dan Kepercayaan Diri terhadap Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Siswa SMP Negeri 5 Kota Metro. Masters thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
TESIS Amelia Zakiatu Aulia -19001835 - PAI.pdf - Other

Download (9MB)

Abstract

Hasil belajar merupakan hal yang dapat dipandang dari dua sisi, dari sisi peserta didik dan sisi guru. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1) Apakah ada pengaruh antara kecerdasan emosional terhadap hasil belajar Pendidikan Agama Islam siswa SMP Negeri 5 Kota Metro ?. 2) Apakah ada pengaruh antara motivasi belajar terhadap hasil belajar Pendidikan Agama Islam siswa SMP Negeri 5 Kota Metro ?. 3) Apakah ada pengaruh antara kepercayaan diri terhadap hasil belajar Pendidikan Agama Islam siswa SMP Negeri 5 Kota Metro ?. 4) Seberapa besar pengaruh antara kecerdasan emosional, motivasi belajar dan kepercayaan diri terhadap hasil belajar Pendidikan Agama Islam siswa SMP Negeri 5 Kota Metro ?. Tujuan penelitian ini adalah : 1) Untuk mengetahui pengaruh antara kecerdasan emosional terhadap hasil belajar Pendidikan Agama Islam siswa SMP Negeri 5 Kota Metro. 2) Untuk mengetahui pengaruh antara motivasi belajar terhadap hasil belajar Pendidikan Agama Islam siswa SMP Negeri 5 Kota Metro. 3) Untuk mengetahui pengaruh antara kepercayaan diri terhadap hasil belajar Pendidikan Agama Islam siswa SMP Negeri 5 Kota Metro. 4) Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh antara kecerdasan emosional, motivasi belajar dan kepercayaan diri terhadap hasil belajar Pendidikan Agama Islam siswa SMP Negeri 5 Kota Metro.

Sifat penelitian ini adalah bersifat deskriptif sedangkan jenis penelitian merupakan penelitian kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII remaja yang berusia 32 peserta didik. Metode pengumpulan data yang adalah metode angket dan metode dokumentasi.

Hasil penelitian pada uji F yang diperoleh nilai Fhitung sebesar 4,803 dengan signifikansi F sebesar 0,008 atau F < 0,05 sehingga Ha diterima dan Ho ditolak, yakni ada pengaruh yang signifikan secara bersama-sama dari variabel kecerdasan emosional (X1), motivasi belajar (X2) dan keprcayaan diri (X3)
terhadap hasil belajar Pendidikan Agama Islam (Y) di SMP Negeri 5 Metro. Hasil penelitian pada uji koefisien beta menunjukkan bahwa nilai koefisien beta kecerdasan emosional (X1) lebih kecil dari nilai koefisien beta motivasi belajar (X2) sedang nilai koefisien beta kepercayaan diri (X3) lebih kecil dari koefisien beta motivasi belajar yaitu sebesar 0,072 < 0,582 > 0,076 yang artinya bahwa variabel motivasi belajar (X2) memiliki pengaruh lebih dominan terhadap hasil belajar Pendidikan Agama Islam (Y) di SMP Negeri 5 Metro.

Kesimpulan dalam penelitian ini adalah variabel motivasi belajar (X2) yang berpengaruh lebih dominan terhadap hasil belajar Pendidikan Agama Islam (Y) di SMP Negeri 5 Metro, berdasarkan nilai koefisien beta kecerdasan emosional (X1) 0,072 dan nilai koefisien beta kepercayaan diri (X3) 0,076 lebih kecil dari nilai koefisien beta motivasi belajar (X2).

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Pascasarjana > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Siti Ma'ani IAIN Metro
Date Deposited: 04 Oct 2021 08:24
Last Modified: 04 Oct 2021 08:24
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/4806

Actions (login required)

View Item View Item