Bahril, Amelia (2021) Peran Guru Pembimbing Dalam Interaksi Sosial Siswa di SD N 2 Gantiwarno. Undergraduate thesis, IAIN Metro.
PDF
SKRIPSI AMELIA BAHRIL NPM. 1701050002 - PGMI.pdf - Other Download (2MB) |
Abstract
Guru merupakan salah satu komponen yang terdapat dalam proses pembelajaran, yang berperan penting dalam pembentukan sumber daya manusia yang kompeten. Guru sebagai pembimbing dalam menjalankan perannya diharapkan mampu memberikan dan menjalankan proses pembelajaran dengan interaksi yang baik dengan siswa.
Tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan Peran Guru sebagai Pembimbing sebagai fasilitator dalam Interaksi Sosial Siswa Di Sd N 2 Gantiwarno. Untuk menjelaskan Peran guru sebagai pembimbing dalam berinteraksi sosial siswa Sd N 2 Gantiwarno. Untuk mengetahui peran guru sebagai pembimbing sebagai menilai dalam interaksi sosial.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif. Sumber datanya yaitu guru sebagai pembimbing dan siswa. Teknik pengumpulan data mengunaan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi . analisis data dimulai dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sedangkan untuk mengecek keabsahan data mengunakan triangulasi deknik dan triangulasi sumber.
Hasil penelitian ini, menunjukkan bahwa peran guru bukan pada guru (bimbingan konseling), namun lebih tepatnya peran guru kelas. guru kelas dapat membantu interaksi sosial siswa: Pertama, guru kelas sangat berperan penting dalam mengembangkan interaksi sosial siswa. Guru kelas tidak hanya memberikan pengajaran tetapi juga mendidik siswa agar terus melakukan interaksi sosial yang baik. Kedua Guru sebagai pendidik yaitu guru mampu membimbing, mengajarkan kepada siswanya tentang interaksi sosial yang baik dengab memiliki rasa tanggung jawab dan bertutur kata yang sopan. Berhubungan dengan sikap aktif dengan penuh tanggung jawab.
Berdasarkan penelitian tersebut, dapat disimpulkan peran guru kelas dalam interaksi sosial siswa, guru kelas V sudah menerapkan tugas dan tanggung jawab dengan baik. Namun dalam pembelajaran kelompok siswa kurang berinteraksi dengan siswa yang lain, serta siswa juga kurang semangat dalam belajar dikarenakan dengan situasi seperti sekarang yang bertatap muka hanya dua kali dalam seminggu membuat anak kurang berinteaksi dengan baik dengan temannya. Guru sebagai inspirator berarti guru memberikan contoh sikap dan perbuatan positif dengan menjalin hubungan yang baik dengan sesama guru dan bersikap adil terhadap siswa, Sehingga siswa akan terinspirasi untuk melakukan persaingan secara baik dalam pencapaian prestasi belajar.
Kata Kunci : Peran Guru Pembimbing, Interaksi Sosial Siswa
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Siti Ma'ani IAIN Metro |
Date Deposited: | 05 Nov 2021 07:51 |
Last Modified: | 05 Nov 2021 07:51 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/4851 |
Actions (login required)
View Item |