Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Upaya Meningkatkan Perkembangan Sosial Emosional Anak Melalui Belajar Kelompok Pada Kelas B di PAUD PGRI 15 A Iringmulyo Metro Timur

Yanti, Fathur Rahma (2021) Upaya Meningkatkan Perkembangan Sosial Emosional Anak Melalui Belajar Kelompok Pada Kelas B di PAUD PGRI 15 A Iringmulyo Metro Timur. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
Skripsi Fathur Rahma Yanti - 1701030020 - PIAUD.pdf - Other

Download (2MB)

Abstract

Sosial emosional dari kata sosial yaitu aktivitas manusia dengan manusia lainnya, aktivitas ini berupa interaksi, tingkah laku, bersikap sosial dan emosional yaitu bentuk ungkapan dalam setiap tindakan manusia. Perkembangan sosial emosional anak pada kelas B di PAUD PGRI belum optimal karena anak masih menunjukkan sikap pendiam, kurang menjalin kerja sama, kurang disiplin dalam mengerjakan tugasnya, kurang menunjukkan rasa empati terhadap teman sebayanya. Dengan dilakukan pembelajaran kelompok dapat membantu perkembangan sosial emosional anak.

Tujuan penelitian untuk mengetahui upaya apa yang dilakukan guru dalam meningkatkan perkembangan sosial emosional anak melalui belajar kelompok dan untuk mengetahui perkembangan sosial emosional anak pada kelas B di PAUD PGRI. Sifat penelitian yaitu kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian Ex Post Facto. Teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik keabsahan data menggunakan triangulasi teknik. Teknik analisa data yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.

Berdasarkan hasil penelitian bahwa dalam pembelajaran kelompok guru berupaya untuk belajar dengan videocall dan tatap muka. Kesulitan dalam pembelajaran kelompok di antaranya penerimaan peserta didik terhadap anggota kelompoknya, dan segala sesuatunya harus dipersiapkan secara matang. Pada kelas B di PAUD PGRI memiliki 1 peserta didik belum berkembang (BB), 2 peserta didik mulai berkembang (MB) dan 9 berkembang sesuai harapan (BSH). Dengan ini disimpulkan bahwa pembelajaran kelompok dapat meningkatkan perkembangan sosial emosional anak dengan baik karena anak dapat berinteraksi untuk memecahkan masalah, toleransi, kerjasama, dengan ini anak dapat mengelola emosinya.

Kata Kunci : Perkembangan Sosial Emosional, Belajar Kelompok

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Siti Ma'ani IAIN Metro
Date Deposited: 05 Nov 2021 07:52
Last Modified: 05 Nov 2021 07:52
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/4856

Actions (login required)

View Item View Item