Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Strategi Pemasaran Terhadap Perkembangan Produk Tabungan Wadiah Dalam Analisis SWOT di BPRS Metro Madani Kantor Cabang Jatimulyo

Lestari, Ayu (2021) Strategi Pemasaran Terhadap Perkembangan Produk Tabungan Wadiah Dalam Analisis SWOT di BPRS Metro Madani Kantor Cabang Jatimulyo. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
SKRIPSI AYU LESTARI-1704100114 - S1 PBS.pdf - Other

Download (9MB)

Abstract

BPRS Metro Madani mempunyai banyak produk yang ditawarkan salah satunya produk tabungan wadiah. Di BPRS Metro Madani KC Jatimulyo menggunakan akad wadiah adh-dhamanah. Namun Di BPRS Metro Madani KC Jatimulyo tidak memiliki peran seorang marketing mix dalam memasarkan produk wadiah. Jadi para nasabah terdorong untuk menabung produk wadiah dikarenakan beberapa hal diantaranya pelayanan yang ramah, mudah dan cepat sehingga banyak yang tertarik untuk menggunakan produk ini.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Strategi Pemasaran Terhadap Perkembangan Produk Tabungan Wadiah Dalam Analisis SWOT di BPRS Metro Madani KC Jatimulyo. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan (Field Risearch, )Metode yang digunakan dalam penelitian adalah penelitian kualitatif yaitu penelitian yang mengumpulkan data dari suatu peristiwa dan kejadian yang terjadi saat inni. Adapun metode pengumpulan data yang digunakan diantarnya dokumentasi seperti struktur organisasi dan wawancara dengan Pimpinan Cabang, Marketing dan Nasabah tabungan wadiah BPRS Metro Madani Kantor Cabang Jatimulyo.

Dari hasil penelitian ditemukan bahwa strategi pemasaran produk tabungan wadiah yang dilakukan BPRS Metro Madani Kantor Cabang Jatimulyo yaitu menggunakan 5P yaitu product (produk), price (harga), place (lokasi), promotion (promosi) dan people (orang). Hasil penelitian menggunakan analisis SWOT dari segi kekuatan (strengths) dalam tabungan wadiah yaitu tidak ada biaya adminitrasi. Produk wadiah juga memiliki kelemahan (weaknesses) diantaranya tidak ada peran seorangmarketing mix saat memasarkan. Berikutnyadari segi peluang (opportunities) yaitu lokasinya yang mudah dijangkau. Dan yang terakhir ancaman(threats) diantaranya apabila nasabah tabungan wadiah melakukan penarikan secara besar- besaran saat lebaran idul fitri ataupun hari-hari besar lainnya.

Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa produk tabungan wadiah diBPRS Metro Madani Kantor Cabang Jatimulyo berkembang sangat pesat yaitu dilihat dari kenaikan jumlah nasabah pada tahun 2017 nasabah tabungan wadiah berjumlah 125 nasabah dan mengalami kenaikan sebanyak 70 nasabah sehinga menjadi 195 ditahun 2018. Selanjutnya ditahun 2019 jumlah nasabah tabungan wadiah 64 nasabah dan tahun 2019 berjumlah 259 .kenaikan nasabah ini dipengaruhi oleh kualitas layanan yang memuaskan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Perbankan Syariah
Depositing User: Siti Ma'ani IAIN Metro
Date Deposited: 05 Nov 2021 07:52
Last Modified: 05 Nov 2021 07:52
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/4858

Actions (login required)

View Item View Item