Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Pengembangan Media Video Pembelajaran Berbasis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis

Lestari, Citra (2021) Pengembangan Media Video Pembelajaran Berbasis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
SKRIPSI Citra Lestari -1701050006 - PGMI.pdf - Other

Download (9MB)

Abstract

Pengembangan media video pembelajaran berbasis kemampuan pemecahan masalah matematis di MI Ma’arif NU 5 Sekampung dilatarbelakangi oleh terjadinya pandemi Covid-19 yang mengakibatkan pemberhentian belajar tatap muka dan dialihkan ke pembelajaran berbasis daring. Materi yang disampaikan saat pembelajaran daring pada mata pelajaran matematika sangat sulit dipahami jika pembelajaran dilaksanakan secara daring. Sehingga perlu media video pembelajaran agar tercapainya Kompetensi Dasar pada pembelajaran.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bahwa materi dan media video pembelajaran berbasis kemampuan pemecahan masalah matematis pada materi skala dapat diterapkan di MI Ma’arif NU 5 Sekampung. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (R&D) menurut Borg dan Gall yang dibatasi beberapa tahap saja. Tahap-tahap tersebut meliputi: a) potensi dan masalah, b) pengumpulan data, c) desain produk, d) validasi desain, e) revisi desain, f) uji coba produk, g) revisi produk, serta h) uji coba pemakaian.

Hasil validasi oleh ahli materi terhadap media video pembelajaran berbasis kemampuan pemecahan masalah matematis secara keseluruhan sebanyak 35 dengan rata-rata 3,89 termasuk dalam kriteria “Cukup Layak”. Hasil validasi oleh ahli media terhadap media video pembelajaran berbasis kemampuan pemecahan masalah matematis didapat skor secara keseluruhan sebanyak 53 dengan rata-rata sebesar 4,08 termasuk dalam kriteria “Cukup Layak”. Hasil validasi oleh ahli bahasa terhadap media video pembelajaran berbasis kemampuan pemecahan masalah matematis didapat skor secara keseluruhan sebanyak 13 dengan rata-rata sebanyak 4,33 termasuk dalam kriteria “Cukup Layak”. Sedangkan hasil dari tanggapan siswa terhadap media video pembelajaran berbasis kemampuan pemecahan masalah matematis didapatkan skor secara keseluruhan sebanyak 530 dengan rata-rata sebanyak 44,17 termasuk dalam kriteria “Cukup Layak”.

Kata Kunci: Media Video Pembelajaran, Pemecahan Masalah Matematis.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Siti Ma'ani IAIN Metro
Date Deposited: 11 Nov 2021 03:42
Last Modified: 11 Nov 2021 03:42
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/4876

Actions (login required)

View Item View Item