Mustofa, Bisri (2021) Implementasi Konsep Pendidikan Akhlak Menurut KH Muntakhob Bin Muwaffiq di Pondok Pesantren Darul Ulum Lempuyang Bandar Way Pengubuan Lampung Tengah (Kajian Kitab : Mathlab). Undergraduate thesis, IAIN Metro.
PDF
SKRIPSI BISRI MUSTOFA - 1701010106 - PAI.pdf - Other Download (2MB) |
Abstract
Derasnya tentang Kultur kebudayaan menjadi fenomena yang menjadi pengaruh kuat dalam dunia pendidikan pesantren. Hal ini dirancang untuk menjadikan manusia yang berahklakul karimah serta merujuk pada ulama mutaqoddimin. Keidolaan ini menumbuhkan rasa untuk mengikuti petuah dan thoriqoh hidupnya, salah satunya yakni KH Muntakhob Bin Muwaffiq yang memeberikan petuah pendidikan Akhlak bagi para pelajar yang ingin Sukses dalan Menuntut Ilmu Agama. Oleh karenanya penelitian ini bertujuan untuk mengetahui terjadinya Implementasi Konsep pendidikan Akhlak Menurut KH Muntakhob Bin Muwaffiq di Pondok Pesantren Darul Ulum Lenpuynag Bandar Way Pengubuan Lanpung Tengah. Penelitian ini menggunakan jenis Kualitatif Lapangan (field research) dengan Teknik Pengumpulan Data Observasi, wawancara dan Dokumentasi. Wawancara pada penelitian ini di lakukan pada Ust Anwar selaku guru yang menagajar kitab Mathlab di Pondok Pesantren Darul Ulum Lempuyang Bandar Way Pengubuan Lampung Tengah. Sedangkan observasi dan Dokumentasi di lakukan di pondok Pesantrenya dan pada Hal-hal yang berkaitan dengan Proses yang menjadi pendukung dan Penghambat Implementasi Konsep Pendidikan Menurut KH.Muntakhob Bin Muwaaffiq.
Implementasi konsep pendidikan Menurut KH Muntakhob Bin Muwaffiq berjalan kurang baik ,walupun dalam faktanya guru telah berhasil mengajarkan isi kitab Mathlab dengan tuntas. Hal ini terlihat disaat peneliti melakukan observasi di dalam kelas Wustha 1 Bahwa diasaat guru menerangkan pelajaran 3 orang santri malah asik ngobrol dan acuh terhadap gurunya. Fenomena berbeda terjadi di kelas ula 5 ketika peneliti melakukan obsevasi, peneliti memperhatikan ketika guru sedang menerangkan para santri mengangguk-angguk dan faham, namun ketika diberikan post tes namun tidak ada dari seorang santri yang berhasil menjawabnya. Sedangkan Faktor pendukungnya sudah cukup berjalan dengan baik hal ini terlihat ketika peneliti memperhatikan guru yang menegur muridnya ketika salah dan setiap pelajaran akan di mulai beliau selalu bertanya terkait materi yang telah di sampaikan dan melakukan seidikit tes. Adapun faktor penghambatnya ialah teknoogi, seperti adanya gedget yang mendoktrin anak untuk terus bermain game dan lingkungan yang kurang baik dapat mendorong perilaku anak untuk berlaku buruk, seperti mencuri.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Agama Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Siti Ma'ani IAIN Metro |
Date Deposited: | 11 Nov 2021 03:42 |
Last Modified: | 11 Nov 2021 03:42 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/4882 |
Actions (login required)
View Item |