Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Peran Guru PAI Dalam Pembinaan Akhlak Siswa di SMP Negeri 2 Batanghari Desa Sribasuki Kecamatan Batanghari Kabupaten Lampung Timur

Nurmayanti, Eka (2021) Peran Guru PAI Dalam Pembinaan Akhlak Siswa di SMP Negeri 2 Batanghari Desa Sribasuki Kecamatan Batanghari Kabupaten Lampung Timur. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
SKRIPSI Eka Nurmayanti - 14114101 - PAI.pdf - Other

Download (6MB)

Abstract

Perubahan zaman telah merubah gaya hidup seseorang terutama dikalangan remaja kebanyakan remaja sangat aktif dalam memanfaatkan teknologi yang ditawarkan di era globalisasi saat ini. Kehidupan remaja saat ini sering dihadapkan pada permasalahan yang begitu kompleks dan hal ini perlu mendapat perhatian. Salah satu masalah yang dihadapi saat ini adalah semakin menurunnya tatakrama kehidupan sosial dan etika moral remaja dalam praktik kehidupan baik itu dalam sekolah, rumah, maupun lingkungan masyarakat. Seperti yang kita temui terjadi banyak kasus penyimpangan norma, baik itu norma agama maupun sosial, berupa tawuran, pembunuhan, penyalahgunaan narkotika serta perilaku negatif lainnya. Pembinaan akhlak menjadi sangat penting dalam usaha mencegah efek negatif dari perkembangan zaman. Sehingga dari masalah-masalah tersebut di atas perlu adanya suatu upaya yang harus dilakukan oleh guru khususnya guru PAI dalam meningkatkan akhlak peserta didik khususnya tingkah laku, agar peserta didik memiliki akhlakul karimah yang sesuai dengan ajaran Islam, dengan tujuan agar tidak terjadi perilaku menyimpang baik di sekolah, keluarga, maupun tempat mereka tinggal.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peran guru Pendidikan Agama Islam dalam pembinaan akhlak siswa di SMP Negeri 2 Batanghari, metode yang digunakan dalam pembinaan akhlak serta faktor pendukung dan penghambat apa saja yang dialami oleh guru dalam membina akhlak siswa.

Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa SMP Negeri 2 Batanghari. Metode pengumpulan datanya menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik penjamin keabsahan data dianalisis kemudian data dianalisis dan diambil kesimpulan.

Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: 1) Peran guru pendidikan agama Islam dalam membina akhlak siswa dikategorikan sudah baik pelaksanaannya, kegiatan-kegiatan keagamaan yang diadakan disekolah, menerapkan metode keteladanan, nasehat dan pengawasan bagi siswa; 2) Upaya yang dilakukan guru pendidikan agama Islam dalam membina akhlak siswa, yaitu: a) Memberikan bimbingan kepada siswa; b) Melakukan absensi untuk shalat berjama’ah; dan c) Kegiatan ekstrakurikuler keagamaan; 3) Faktor pendukung dalam membina akhlak siswa yaitu: a) Orang tua; b) Teman; c) Lingkungan Sekolah; dan d) Fasilitas yang menunjang proses pembinaan akhlak; Faktor penghambat dalam membina akhlak siswa yaitu: a) Kesibukan orang tua; b) Teman yang sering mengajak bermain; c) Media masa yaitu handphone; d) Faktor dari diri siswa itu sendiri; dan d) Media elektronik yaitu TV.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Siti Ma'ani IAIN Metro
Date Deposited: 17 Nov 2021 02:50
Last Modified: 17 Nov 2021 02:50
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/4887

Actions (login required)

View Item View Item