Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Pengaruh Kinerja Guru Akidah Ahlak Terhadap Hasil Belajar Akidah Ahlak di MTs Negeri 1 Lampung Timur Tahun Ajaran 2020/2021

Anggraini, Ratna Diah (2021) Pengaruh Kinerja Guru Akidah Ahlak Terhadap Hasil Belajar Akidah Ahlak di MTs Negeri 1 Lampung Timur Tahun Ajaran 2020/2021. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
SKRIPSI RATNA DIAH ANGGRAINI - 1701010164 - PAI.pdf - Other

Download (2MB)

Abstract

Pada 1 tahun belakangan ini pendidikan di Indonesia harus dilaksanakan secara daring karena adanya wabah penyakit virus corona atau yang sering disebut covid19. Belajar dari rumah yang dilakukan butuh penyesuaian baik dari guru maupun siswa. Kinerja guru dengan keadaan daring ini harus disesuaikan dengan sarana dan prasarana yang ada di sekolah ataupun yang dimiliki siswa. Guru dituntut mampu mengajar semaksimal mungkin dalam keadaan online seperti ini, dan nantinya kinerja guru yang baik serta optimal mampu menghasilkan hasil belajar siswa yang baik pula. Penggunaan internet juga harus diolah guru supaya menjadi lebih menarik yang nantinya akan digunakan dalam pembelajaran daring. Oleh karena itu, penelitian ini memiliki tujuanapakah ada pengaruh kinerja guru akidah ahlak terhadap hasil belajar akidah ahlak di MTs Negeri 1 Lampung Timur tahun pelajaran 2020/2021.

Jenis penelitian ini adalah penelitian dengan menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif expost facto.Dalam penelitian ini yang menjadi populasi adalah siswa kelas VII di MTs Negeri 1 Lampung Timur. Sampel dalam penelitian ini siswa kelas VII dengan pengabilan random sebayak 23 siswa. Pengumpulan data menggunakan angket, tes dan dokumentasi.

Hasil dari penelitian ini adalah terdapat pengaruh antara kinerja guru akidah ahlak terhadap hasil belajar akidah ahlak di MTsN 1 Lampung Timur. siswa nilai fhitung sebesar 13,517 nilai Fhitung = 13,517>Ftabel = 42,3 dan besarnya koefisien determinasi atau R Square adalah sebesar 0,626. Besarnya angka koefisien determinasi (R Square) adalah 0,626 atau sama dengan 62,6%. Angka tersebut mengandung arti bahwa variabel kinerja guru (X) berpengaruh dengan variabel hasil belajar (Y) sebesar 62,6%. Sedangkan sisanya (100% - 62,6% = 37,4%) dipengaruhi oleh variabel lain. Hasil tersebut menunjukkan bahwa kinerja guru akidah ahlak mempunyai pengaruh yang signifikan dengan hasil belajar akidah ahlak di MTsN 1 Lampung Timur.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Siti Ma'ani IAIN Metro
Date Deposited: 17 Nov 2021 02:50
Last Modified: 17 Nov 2021 02:50
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/4890

Actions (login required)

View Item View Item